aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Menyimpan Biji Kopi agar Kualitasnya Terjaga (bagian 2 - habis)

Saturday, 17 March 2018 18:00:51 WIB | Rizki Adis Abeba
Cara Menyimpan Biji Kopi agar Kualitasnya Terjaga (bagian 2 - habis)
Cara Menyimpan Biji Kopi agar Kualitasnya Terjaga (bagian 2 - habis) (dok. Bankrate)

TABLOIDBINTANG.COM - Tahukah Anda, menyimpan biji kopi tak bisa sembarangan. Perhatikan beberapa hal ini dalam menyimpan biji kopi agar kualitasnya terjaga. (sambungan dari artikel sebelumnya)

Letakkan di tempat kering dan gelap

Idealnya biji kopi diletakkan di tempat yang gelap, dengan suhu ruangan dan lingkungan yang kering seperti lemari kabinet dapur. Hindari meletakkan di dekat benda-benda panas seperti microwave atau lemari kabinet di atas kompor. Sama seperti udara lembap, cahaya langsung dan suhu panas merusak cita rasa kopi.

Cara Menyimpan Biji Kopi agar Kualitasnya Terjaga (bagian 2 - habis) (dok. Telegraph)
Cara Menyimpan Biji Kopi agar Kualitasnya Terjaga (bagian 2 - habis) (dok. Telegraph)

Wadahi dengan kantong kertas

Anda bisa menggunakan wadah stoples kaca, stoples keramik, dan wadah-wadah penyimpanan yang tidak mengandung logam yang reaktif.

Namun, menurut Huffmans, wadah penyimpanan biji kopi terbaik adalah kantong kertas dengan katup udara satu arah. Kantong seperti ini memungkinkan udara dari dalam kantong keluar; di sisi lain tidak banyak udara dari luar yang masuk ke dalam kantong.     

Jika biji kopi yang Anda beli tidak diwadahi kemasan kantong seperti ini, gunakan vakum untuk menyedot udara sebelum membungkusnya kembali. “Cara ini melindungi biji kopi dari kontak dengan cahaya, udara, dan kelembapan yang dapat merusak rasa kopi,” jelas Schleuning dan Gonzalez.

selesai

(riz / gur)

Komentar