aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Keunggulan Greek Yoghurt untuk Membuat Kue Dibanding Mentega atau Margarin

Saturday, 24 February 2018 09:30:00 WIB | Yuriantin
Keunggulan Greek Yoghurt untuk Membuat Kue Dibanding Mentega atau Margarin
Keunggulan Greek Yoghurt untuk Membuat Kue Dibanding Mentega atau Margarin (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Mentega atau margarin termasuk bahan utama membuat kue. Namun banyak yang menghindari kedua makanan ini karena kandungan lemaknya. Menurut chef Putri Miranti, greek yogurt cocok sebagai pengganti mentega atau margarin. Sebabnya, greek yoghurt punya kandungan lemak yang lebih rendah.

Selain itu, rasa asam pada greek yoghurt menambah variasa rasa kue. "Rasa kue jadi lebih kaya. Ada manis, asam, dan pahit misalnya ketika membuat kue dari bahan kopi," ujar Putri sambil memeragakan demo masak dalam peluncuran kampanye #HeavenlyBlushGreekSecret pada Kamis (22/2) di Jakarta.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Manfaat lain, greek yoghurt membantu kue mengembang dengan sempurna. "Kue mengembang karena baking soda dan sebagai zat pengembang, baking soda akan aktif ketika terkena asam (greek yoghurt)," terangnya.

Hasil akhir kue dengan greek yoghurt juga akan terlihat sedikit berbeda. "Kalau menggunakan mentega, kue memang akan gurih tapi bikin kue jadi kering," imbuhnya. Tekstur greek yoghurt yang lebih kental juga cocok sebagai pengganti krim untuk membuat icing kue.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Jika ingin menggunakan greek yoghurt untuk membuat kue, Putri sarankan mengganti setengah mentega, margarin, atau lemak untuk membuat kue (minyak) dengan greek yoghurt.

"Dan masukkan paling terakhir ke dalam adonan kue karena greek yoghurt enggak perlu dikocok. Beda dengan mentega atau margarin yang butuh dikocok dan akan mengembang ketika dikocok," pungkasnya.

(yuri / wida)

Komentar