aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Fungsinya Maksimal, Jangan Salah Mendekor Ruangan Kecil

Saturday, 3 February 2018 05:30:42 WIB | Yuriantin
Agar Fungsinya Maksimal, Jangan Salah Mendekor Ruangan Kecil
Agar Fungsinya Maksimal, Jangan Salah Mendekor Ruangan Kecil (dok. Sellmyoil)

TABLOIDBINTANG.COM - Skala dan proporsi ruangan wajib diperhatikan ketika Anda menata ruangan rumah, terutama untuk ruangan kecil. Skala adalah bagaimana perbandingan dekorasi terhadap ukuran ruangan. Sedang, proporsi adalah bentuk furnitur dan perbandingannya dengan furnitur lain di ruangan tersebut. 

Skala dan proporsi ini menjadi panduan untuk mendekorasi rumah. Semakin besar ruangan dan beratap tinggi, semakin besar dan tinggi pula interior di ruangan tersebut. Kecuali Anda ingin menciptakan efek dramatis dengan furnitur modern yang identik berukuran kecil pada ruangan yang besar dan beratap tinggi. 

Setelahnya, tentukan furnitur utama dalam ruangan. Skala furnitur pendukung harus mengikuti skala furnitur utama. Misalnya, ukuran meja di ruang tamu wajib menyeimbangi ukuran sofa dalam ruangan. Bentuk, motif, dan warna furnitur juga sebaiknya disesuaikan dengan wallpaper atau cat dinding demi menjaga proporsi ruangan. 

Hindari ruangan dari kesan norak jika Anda menyamakan semua motif dan warna furnitur. Usai memilih dan menata furnitur, sisakan sedikit ruang kosong di samping dan atas furnitur.

Fungsinya agar mata tidak lelah menatap ruangan yang penuh dengan furnitur. Khusus untuk ruangan berukuran kecil, peraturan tersebut tetap berlaku.

(yuri / gur)

Komentar