aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Piring dengan Cermin, Ide Brilian untuk Bantu Kurangi Porsi Makan

Monday, 18 September 2017 21:30:00 WIB | Carisya Nuramadea
Piring dengan Cermin, Ide Brilian untuk Bantu Kurangi Porsi Makan
Piring dengan cermin membantu Anda melihat porsi makan besar, namun tidak nyata (Ist)

TABLOIDBINTANG.COM - Ahli gizi mengklaim bahwa pengendalian ukuran porsi adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan dan tetap bugar. Menggunakan piring yang lebih kecil mungkin adalah cara yang paling populer untuk mengendalikan ukuran makanan Anda. Namun beberapa siswa seni yang berbasis di London telah menemukan cara lebih efektif untuk membuat piring makan Anda terlihat dua kali lebih penuh.

Saki Maruyama dan Daniel Coppen, yang dikenal sebagai Studio Playfool, telah tampil dengan desain peralatan makan yang cerdik yang mengandalkan cermin untuk mengelabui mata Anda agar tanpa disadari, Anda melihat lebih banyak makanan daripada yang sebenarnya ada.

Dinamai Half/Full, perangkat makan mutakhir yang belum diresmikan ini tampaknya terinspirasi oleh ancaman kekurangan makanan masa depan dalam skala global, dan oleh karena itu dirancang untuk "harapan masa depan".

"Dalam waktu dekat, perubahan iklim akan berdampak pada produksi pangan global," kata desainer Half/Full. "Ketika membayangkan masa depan yang dihadapkan pada kekurangan makanan yang lebih besar, kita perlu bertanya bagaimana kita bisa menyesuaikan selera dan gaya hidup kita saat ini."

Setiap potongan di Half/Full tampak ganda - dua piring, cangkir, mangkuk, dan pisau, garpu dan sendok - dilengkapi permukaan yang reflektif. Jadi, saat makanan dan minuman diletakkan di dalamnya, cermin ini hanya meningkatkan ukuran porsi. secara visual, yang cukup untuk menginduksi sensasi kenyang dan membuat pemakainya tanpa sadar membatasi jumlah makanan yang akan mereka makan.

Kedengarannya seperti mudah dan aneh, tapi konsepnya rupanya berdasarkan penelitian ilmiah.

"Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tokyo mengungkapkan bahwa volume makanan yang nyata dapat mempengaruhi kepuasan seseorang dari makanan," klaim Studio Playfool. "Jika jumlah makanan tampak lebih besar, perasaan puas lebih besar."

"Studi lain menunjukkan bahwa makan di hadapan cermin meningkatkan kesadaran diri, mempengaruhi perilaku orang untuk makan lebih sedikit. Meski konsepnya belum diuji secara formal, kami yakin Half/Full memiliki potensi untuk mengubah kebiasaan makan kita menjadi lebih baik, sekaligus bertindak sebagai probe visual yang meningkatkan kesadaran kita seputar dampak perubahan iklim terhadap makanan dan makan kita. budaya," dua desainer itu menambahkan.

(dea / wida)

Komentar