aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Cara Mudah Menajamkan Otak Seiring Bertambahnya Umur

Thursday, 8 June 2017 19:00:00 WIB | Widya Laras
5 Cara Mudah Menajamkan Otak Seiring Bertambahnya Umur
Tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan otak (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang fokus pada kesehatan fisik dengan cara makan benar untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Tidak ketinggalana berlatih yoga untuk memperbaiki fleksibilitas. Namun, bagaimana dengan kesehatan mental? Melatih pikiran juga bagus untuk memperpanjang umur. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ketajaman otak seiring bertambahnya umur:

Tidur cukup

Menurut studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Neuron, istirahat cukup merupakan kunci awet muda. Juga bisa meningkatkan memori dan mengurangi risiko insomnia. The National Sleep Foundation menganjurkan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Gunakan earphone dan matikan lampu untuk menghindari cahaya terang agar bisa tidur dengan nyenyak.

Konsumsi makanan yang bagus untuk otak

Karena otak merupakan salah satu organ yang memiliki jumlah lemak yang banyak, mengonsumsi makanan kaya lemak sehat, baik untuk kesehatan mental. Sebuah studi yang dipublikasikan pada Aging Health menemukan fakta bahwa makanan bergizi sangat penting untuk mencegah depresi dan meningkatkan mood.

Sayur berdaun dan kacang-kacangan kaya akan lemak omega 3 yang diketahui bisa mengatasi mood buruk. Hindari minuman bersoda karena bisa membuat otak menyusut. Sebaiknya, pilih salmon, bayam atau walnut untuk dikonsumsi agar kita merasa bahagia dan sehat!

Olahraga

Sebuah penelitian terbaru dari National Institutes of Health menyatakan bahwa semakin sering orang dewasa berolahraga, maka semakin bagus kesehatan otaknya. Olahraga merangsang perkembangan saraf di otak.

Kembangkan hobi yang menggunakan otak kanan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada jurnal American Academy of Neurology, hobi yang mengedepankan kreativitas bisa mencegah dementia dan meningkatkan konsentrasi. Hobi baca buku juga diketahui bisa meningkatkan fokus dan membuat panjang umur. Para peneliti menyarankan untuk membaca satu bab per hari agar kemampuan kognitif semakin baik.

Berinteraksi dengan banyak orang

Penelitian terbaru pada jurnal Aging & Mental Health menekankan bahwa aktivitaa sosial mempengaruhi kejernihan mental. Artinya, interaksi rutin dengan keluarga dan teman memberi energi pada proses pemikiran individu. Para peneliti mengatakan, menguatkan hubungan sosial mencegah penurunan fungsi kognitif. Aktivitas kelompok seperti komunitas membaca meruoakan cara terbaik untuk terhubung dengan orang lain.

(widya/wida)

Komentar