aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Doyan Ngopi? Menurut Ahli Ini Waktu dan Jumlah yang Tepat untuk Minum Kopi

Tuesday, 2 March 2021 05:00:23 WIB | TEEN.CO.ID
Doyan Ngopi? Menurut Ahli Ini Waktu dan Jumlah yang Tepat untuk Minum Kopi
Kopi menjadi salah satu minuman populer yang memiliki jutaan penikmat dari seluruh penjuru dunia. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kopi menjadi salah satu minuman populer yang memiliki jutaan penikmat dari seluruh penjuru dunia. Banyak orang juga sangat terikat dengan kopi hingga mereka mengaku tak bisa beraktivitas sebelum memulai hari dengan minum kopi.

Namun, apakah minum kopi setelah bangun tidur itu baik bagi tubuh kita?

Dikutip dari Dailymail, seorang ahli gizi Lyndi Cohen menyatakan jika minum kopi memiliki waktu khusus yang bisa membuat tubuh memiliki banyak manfaat baiknya. Ada juga waktu-waktu dimana harus menghindari kopi agar bisa jauh dari efek negatif yang dimiliki kopi nih Teens.

Ahli gizi itu juga menyebutkan bahwa minum kopi setelah bangun tidur bisa mempengaruhi produksi kortisol. Sehingga saat bangun tidur lebih baik mengkonsumsi air putih saja dulu dan baru minum kopi saat pukul 10.00 hingga 12.00 siang.

"Setelah bangun, tingkat kortisol akan berada di puncaknya. Kafein akan mempengaruhi produksi kortisol jadi saat minum kopi setelah bangun tidur maka tubuh hanya akan menghasilkan kortisol yang lebuih sedikit. Hal itu bisa menjelaskan alasan sebagian orang menjadi ketagihan minum kopi saat setelah bangun tidur," ujar Lyndi Cohen.

Lyndi Cohen menganjurkan untuk mulai minum kopi saat pukul 10.00 hingga 12.00 saat keadaan kortisol tubuh telah menurun. Sedangkan waktu terakhir untuk minum kopi, ia menganjurkan pada jam 2 siang atau 6 jam sebelum tidur.

"Setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein, tapi sebagai pedoman umum dan agar tidur malam lebih berkualitas, lebih baik tidak minum kopi setidaknya 6 jam sebelum tidur," imbuhnya.

Sedangkan jumah tepat untuk mengonsumsi kopi setiap harinya ialah sekitar 400mg kafein atau setara dengan 3-4 cangkir kopi. Sebab, jika seseorang mengonsumsi lebih dari 400mg kafein setiap hari maka bisa menyebabkan efek negatif misalnya susah tidur atu munculnya suatu penyakit.

Selain itu, meminum kopi sebelum melakukan olahraga ternyata juga ia anjurkan karena memiliki efek positif bagi tubuh nih Teens. Menurutnya dengan minum kopi pada saat 30 menit sebelum melakukan olahraga bisa membuat tubuh memiliki lebih banyak energi.

"Banyak penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi kafein sebelum olahrga bisa meningkatkan kinerja dan meningkatkan energi. Selain itu, ada juga penelitian yang menyebutkan kafein bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11 persen dan membantu membakar lemak," imbuhnya.

Bagi kalian pecinta kopi, sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat dan tidak tepat mengonsumsi kopi nih.

Komentar