aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Suka Merendam Pan Antilengket Begitu Selesai Dipakai? Ibu-ibu Pasti Menyesal Jika Tahu Faktanya

Monday, 1 March 2021 14:00:27 WIB | Wida Kriswanti
Suka Merendam Pan Antilengket Begitu Selesai Dipakai? Ibu-ibu Pasti Menyesal Jika Tahu Faktanya
Permukaan pan antilengket tidak membutuhkan tenaga saat membersihkannya. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Memasak menggunakan pan antilengket memberi banyak keringanan pekerjaan ibu-ibu di dapur. Selain memudahkan saat proses memasaknya itu sendiri, kemudahan lainnya adalah saat membersihkannya.

Permukaan pan antilengket tidak membutuhkan tenaga saat membersihkannya. Pan antilengket tidak perlu digosok kuat-kuat menggunakan sabut kawat seperti ketika membersihkan pan yang tidak dilapisi antilengket.

Akan tetapi, entah karena kebiasaan atau memang belum mengetahui fakta ini, banyak ibu jadi kecolongan hingga salah memperlakukan pan antilengket ?etika hendak membersihkannya. Hingga sia-sia beragam usaha merawat pan antilengket lain yang sudah dilakukan.

Ternyata masih banyak yang langsung merendam pan antilengketnya ke air dingin--sebagaimana sering diterapkan pada alat masak tanpa antilengket dengan tujuan lebih mudah dibersihkan--begitu selesai digunakan untuk memasak. Artinya, pan antilengket masih dalam keadaan benar-benar panas, ketika dicelupkan ke air.

Seperti dilansir dari News 4 Jax, kebiasaan ini akan membuat pan antilengket lambat laun jadi melengkung permukaanya. Fisik pan yang rusak akan membuat pan menjadi tidak stabil atau goyang-goyang saat diletakkan di atas kompor. Secara tidak langsung hal ini memengaruhi proses pematangan saat memasak.

Pernah tidak kejadian telur mata sapi hangus sebelah, sedangkan sebelah bagian lainnya sulit matang saat dimasak di atas pan antilengket Anda? Padahal secara logika, mestinya matangnya merata, kan. Asalkan pan antilengketnya tidak melengkung.

Jadi, lain kali lebih santai saja mencuci pan antilengket Anda. Toh, mudah dibersihkan jadi tidak perlu buru-buru direndam air.

Komentar