aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

3 Tips meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Monday, 16 November 2020 05:00:23 WIB | aura.co.id
3 Tips meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah
Untuk meningkatkan kualitas udara dalam rumah salah satunya dengan ventilasi silang. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk meningkatkan kualitas udara dalam rumah salah satunya dengan ventilasi silang. Cara tersebut tetapi tetap harus didukung dengan menciptkan area-area penghasil udara yang bersih. Selain itu, buatlah penghalang udara panas agar bisa meminimalisir masuk ke dalam dengan membuat barrier pada area outdoor, memasukan elemen air, dan juga desain plafon

Berikut tiga tips meningkatkan kualitas uda di rumah :

1. Membuat barrier
Barrier pada sistem penghawaan disebut juga dengan penghalang yang berfungsi untuk mengurangi volume udara panas yang masuk ke dalam rumah. Cara ini biasanya dengan menggunakan barrier berupa tanaman pada sisi rumah seperti pagar. Kadar panas yang dibawa udara menuju rumah dapat berkurang, karena sebagian udara tersebut diredam oleh barisan pepohonan pada sisi rumah.

Bentuk barrier bisa berupa pagar tanaman rambat atau pagar yang memang sengaja dibuat dengan tanaman yang berjajar. Pada pagar dinding bata atau pagar besi, bagian dalam maupun luarnya dibiarkan ditumbuhi tanaman hingga menutupi seluruh area pagar.

2. Jenis tanaman
Untuk mendapatkan barrier yang maksimal dibutuhkan jenis tanaman yang tepat. Keberadaan tanaman akan melakukan fotosintesis di siang hari yang menyerap karbondioksida (CO2) dan melepaskan oksigen (O2) sehingga membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Jenis tanaman yang digunakan sebagai barrier harus mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca seperti kelembaban, temperatur, jenis tanah, dan tingkat kesuburan tanah akan menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan yang baik. Gunakan tanaman yang cocok seperti lantana, teh-tehan, bugenvil, soka, kemuning, alamanda, dan jenis tanaman rambat lainnya).

3. Elemen air
Untuk menambah dukungan udara yang dingin dan bersih, dibutuhkan elemen air di rumah. Adanya air, baik di luar maupun di dalam area rumah dapat menanambah kesejukan hunian. Hal ini disebabkan udara panas dari luar akan direndam dengan udara dingin yang dihasilkan dari elemen air, sehingga mendinginkan ruangan.
Cara yang paling mudah dengan membuat kolam, bisa difungsikan sebagai air mancur, kolam renang atau kolam ikan. Jika dijadikan kolam renang atau kolam ikan, tentunya pertimbangan biaya pembuatan dan perawatan harus dipikirkan dengan masak. Elemen air juga bisa dimasukkan ke dalam rumah. Umumnya dengan membuat kolam ikan, fountain, waterwall, dan lainnya.

Komentar