aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

12 Sumber Bau Tak Sedap di Rumah dan Cara Menghilangkannya

Saturday, 17 October 2020 17:00:23 WIB | aura.co.id
12 Sumber Bau Tak Sedap di Rumah dan Cara Menghilangkannya
Bau tidak sedap tentunya sangat mengganggu indera penciuman Anda. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bau tidak sedap tentunya sangat mengganggu indera penciuman Anda, apalagi jika bau tersebut berada dari peralatan di dalam rumah Anda.

Berbagai kegiatan, seperti memasak misalnya, dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap pada ruangan dan peralatan rumah. 

Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu menggunakan pengharum ruangan atau bahkan mengganti peralatan tersebut, cukup gunakan beberapa bahan yang telah tersedia di rumah Anda, seperti dilansir laman Reader's Digest berikut:

1. Bau amis

Potong buah lemon menjadi dua dan gosokkan pada tangan Anda sebelum Anda memasak ikan. Jika bau amis ikan masih menempel pada tangan, beri sedikit air pada tangan dan gosok tangan dengan baking soda, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Bau pada tong sampah

Taburkan sejumlah baking soda ke dasar tong sampah setiap kali Anda mengganti plastik sampah. Baking soda sangat efektif meredam bau yang kurang sedap.

3. Bau pada kulkas

Beragamnya makanan di dalam kulkas, dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, tempatkan semangkuk bubuk kopi di dalam kulkas semalaman. Selain kopi, Anda juga bisa menaruh 3-4 kantong teh celup di dalam kulkas untuk menyerap bau di dalam kulkas. 

4. Bau cat

Mengecat rumah bertujuan untuk mempercantiknya, namun bau cat yang tertinggal, dapat mengganggu para penghuni rumah. Anda bisa menambahkan satu sendok makan ekstrak vanilla ke dalam cat, sebelum digunakan, untuk mengurangi bau cat.

5. Bau yang tertinggal di wadah makanan

Tuang sedikit moster (mustard) kuning ke dalam wadah dan tambahkan air hangat ke dalamnya. Kocok perlahan dan diamkan selama 15 menit, kemudian cuci wadah. 

6. Bau pada bagian luar mobil

Campurkan 100 gram moster (mustard) kering dengan 11 liter air dan percikan cairan tersebut pada ban mobil dan bagian bawah mobil.

7. Bau pada sneakers

Masukkan beberapa helai daun sage pada sneakers sebelum Anda memakainya. Daun sage berkhasiat membunuh bakteri yang terdapat di dalam sneakers.

8. Bau asap masak

Kibaskan lap yang telah dicelupkan ke dalam cuka ke udara, untuk menghilangkan bau asap. Anda juga bisa memanggang dua buah lemon selama 60-90 menit, dengan suhu 108 derajat celcius. Bukalah oven dan biarkan bau lemon di dalam oven berembus ke luar untuk menetralkan bau dapur Anda. 

9. Bau pada oven

Jika Anda membersihkan oven dengan cairan pembersih, biasanya cairan tersebut meninggalkan bau kimia yang kuat. Untuk mengatasinya, lap bagian dalam oven dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam cuka putih, ketika oven sudah dibersihkan. Tunggu sampai cuka mengering, sebelum Anda menyalakan oven kembali.

10. Bau pada microwave

Masukkan beberapa sendok makan ekstrak vanilla ke dalam microwave selama satu menit dan dalam suhu yang tinggi. Jika bau tersebut belum hilang, tunggu ekstrak vanilla tersebut dingin dan ulangi proses tersebut.

11. Bau pada bagian dalam mobil

Letakkan mangkuk berisi cuka putih pada lantai mobil Anda semalaman. Jika jok Anda terbuat dari bahan vinyl, taburkan baking soda di atas jok dan ratakan dengan tangan atau sikat. Diamkan semalaman dan tutup rapat pintu dan jendela mobil. Gunakan penyedot debu (vacuum) untuk membersihkan baking soda tersebut. 

Untuk menghindari timbulnya bau kurang sedap, letakkan biji kopi atau baking soda di di dalam mobil. 

12. Bau pada lubang saluran air

Tuangkan 300 gr garam ke dalam lubang saluran, lalu tuang 360 gr baking soda, dan satu teko air mendidih.

Komentar