aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Agar Masalah Keuangan Tak Memicu Pertengkaran Suami-istri

Friday, 11 September 2020 22:00:23 WIB | aura.co.id
Kiat Agar Masalah Keuangan Tak Memicu Pertengkaran Suami-istri
Tidak bisa dipungkiri, finansial merupakan hal yang penting dalam setiap hubungan rumah tangga. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak bisa dipungkiri, finansial merupakan hal yang penting dalam setiap hubungan rumah tangga. Jika tidak dibicarakan dengan baik, bisa-bisa topik satu ini malah berakhir dengan pertengkaran. Mengingat topik finansial cukup serius, pakar keuangan Denise Hughes menganjurkan setiap pasangan untuk membahas masalah finansial sembari melakukan aktivitas yang menyenangkan. 

Misalnya, sambil menyiapkan makan malam bersama. Sebagai gambaran, Denise menyarankan beberapa poin berikut sebaiknya masuk dalam pembahasan Anda dan pasangan, seperti dilansir laman Real Simple:

- Saling berbagi informasi tentang penghasilan, tabungan, dan utang untuk pasangan yang baru saja menikah. Pengeluaran, tagihan, dan rencana masa depan wajib dibicarakan oleh mereka yang telah menjalani hubungan penikahan selama beberapa waktu.

- Jika kondisi keuangan rumah tangga Anda sekarat, cobalah awasi pemasukkan dan pengeluaran rumah tangga selama 1-2 bulan. Perhatikan kemana uang tersebut digunakan dan pertimbangkan manfaatnya.

- Jangan lupa membuat prioritas keuangan, supaya alokasi dana keluarga tepat sasaran dan digunakan untuk mencapai tujuan bersama.

- Pahami makna uang bagi Anda dan pasangan. Seberapa penting uang dalam hubungan yang dijalani dan bagaimana kebiasan Anda dan pasangan menghabiskan uang? Dengan cara ini, Anda bisa saling memahami sudut pandang finansial masing-masing.

- Yang tidak kalah pentingnya adalah mengungkapkan penyesalan dalam hal finansial yang dilakukan, seperti memiliki utang kartu kredit yang menggunung atau tidak punya tabungan. Usahakan tidak saling menilai buruk kebiasaan pasangan ini, tujuannya agar bisa diperoleh solusi, sehingga kebiasaan ini tidak berulang.

- Buatlah rencana tentang penghasilan yang diterima, seberapa besar kontribusi dalam rumah tangga yang harus diberikan jika istri dan suami sama-sama bekerja.

Komentar