aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Alat Masak Karatan? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Friday, 21 August 2020 05:00:23 WIB | AURA
Alat Masak Karatan? Begini Cara Ampuh Mengatasinya
Peralatan masak. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Peralatan masak yang terbuat dari baja karbon kini telah banyak digunakan untuk keperluan memasak dalam rumah tangga. Sebelumnya, peralatan ini hanya digunakan di restoran saja. Merawat peralatan memasak yang terbuat dari karbon tidaklah sulit, selama Anda tidak mencucinya dengan sabun dan merendamnya dalam waktu yang cukup lama.

Namun, bukan berarti peralatan masak tersebut bebas dari karat maupun bekas makanan. Agar peralatan masak baja karbon Anda tetap awet, berikut adalah beberapa tipnya:

Karatan
Musuh utama dari peralatan masak dari baja karbon adalah air. Jadi pastikan peralatan tersebut benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya. Lap air dengan handuk kertas kemudian letakkan peralatan tersebut di atas kompor atau di dalam oven agar sisa air menguap. Jika muncul karat pada permukaan, gunakan sabut cuci piring yang terbuat dari besi dan tuangkan air panas.

Noda berminyak yang lengket
Panaskan alat masak hingga terbentuk uap air, lalu matikan api. Masukkan campuran garam dan minyak 2 : 1 ke dalam alat masak dan gunakan handuk kertas untuk mengelap seluruh bagian alat masak seperti dilansir laman Kitchn. Setelahnya, bilas dengan air panas dan keringkan. Kemudian jangan lupa untuk mengondisikan alat masak kembali dengan cara berikut: Sebelum Dipakai, Alat Masak Dari Baja Karbon Harus Dikondisikan Terlebih Dahulu (linknya).

Kehilangan anti lengket
Permukaan alat masak akan kehilangan anti lengketnya jika Anda sering memasak makanan yang mengandung asam. Kondisikan kembali alat masak Anda dan jangan lupa untuk mengelap lemak dalam alat masak tersebut setiap kali Anda selesai menggunakannya.

Noda hitam
Perubahan warna pada alat masak merupakan hal yang wajar. Karbon baja akan mengalami perubahan warna ketika terkena makanan asam. Jadi biarkan saja jika Anda menemukan noda hitam pada wajan.

Komentar