aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

6 Peralatan Berkebun yang Wajib Anda Miliki

Saturday, 15 August 2020 05:00:23 WIB | HOME.CO.ID
6 Peralatan Berkebun yang Wajib Anda Miliki
Guna merawat kebun agar tetap bersih diperlukan alat-alat spesifikasi khusus untuk tujuan yang berbeda. (YB/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Mempunyai kebun di halaman rumah memang sangat menyenangkan. Selain membuat rumah tampak lebih asri dan sejuk, kebun juga bisa menyehatkan bagi penghuni rumah. Guna merawat kebun agar tetap bersih diperlukan alat-alat spesifikasi khusus untuk tujuan yang berbeda. Maka dari itu, sebelum memulai aktivitas di kebun pastikan alat-alat di bawah ini telah Anda miliki.

Berikut enam peralatan wajib yang Anda miliki saat anda mulai berkebun di rumah :

1. Spreader
Spreader merupakan alat yang dapat membantu Anda dalam menyebarkan benih tanaman, pupuk, dan zat penyubur tanaman lain. Dengan menggunakan alat ini proses penyebaran akan dilakukan lebih cepat. Alat ini memiliki pegangan berbentuk engkol yang dibagian bawah spreader terdapat lubang yang dapat diisi denga benih atau pupuk yang akan disebarkan pada kebun atau pekarangan Anda.

2. Alat pemotong rumput
Alat pemotong rumput merupakan alat otomatis yang dapat mempercepat proses memotong rumput di kebun. Mesin ini bekerja dengan cara menggerakkan lempengan-lempengan besi sehingga dapat memotong rumput seketika ketika alat ini melewati rumput-rumput yang sudah panjang. Ada dua jenis alat pemotong rumput yakni trimmer dan edger. Kedua jenis peralatan ini biasanya menggunakan baterai atau bahan bakar minyak. 

3. Lawnmover
Lawnmover merupakan alat yang wajib dimiliki bagi mereka yang meiliki kebun yang luas. Prinsip kerjanya sebenarnya sama saja dengan Trimmer, hanya saja trimmer akan lebih cocok digunakan untuk kebun yang tak terlalu luas. Tipe serta ukuran lawnmover sangat bervariasi dan Anda bisa menyesuaikannya dengan seberapa luas kebun di rumah Anda.  Alat pemotong rumput ini biasanya menggunakan bahan bakar minyak atau baterai. Bila Anda membeli Lawnmower yang menggunakan baterai, Anda perlu mengisi ulang daya baterai sebelum digunakan.

4. Gunting Rumput
Peralatan yang paling sering ditemui adalah gunting rumput yang bekerja secara manual. Gunting ini selain bisa digunakan untuk memotong rumput, bisa juga digunakan untuk memangkas tanaman dan pepohonan yang sudah sangat lebat. Bentuk gunting rumput biasanya berukuran besar dan tajam. Untuk itu, biasakan ketika menggunakan gunting rumput untuk perkebun jauhkanlah dari jangkauan anak-anak.

5. Garpu Penggaruk
Garpu penggaruk merupakan alat perkebunan yang serba guna. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengumpulkan daun-daun yang berguguran serta sampah-sampah lain yang berserakan di kebun rumah. Anda bisa juga menggunakan ini untuk menyingkirkan kerikil dan batuan-batuan kecil lain yang membuat kebun anda terlihat bersih.

6. Gembor
Gembor merupakan alat untuk menyiram tanaman pada kebun anda. Gembor biasanya tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kebutuhan yang terbuat dari plastik ataupun logam. Untuk menggunakan gembor anda harus menggotong air di dalam gembor terlebih dahulu, jadi pastikan kemampuan anda agar gembor bisa terangkat untuk menyiram tanaman.

Komentar