aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tanaman Bunga Tidak Berkembang? Coba Lakukan Ini!

Thursday, 13 August 2020 21:00:23 WIB | Bintang Home
Tanaman Bunga Tidak Berkembang? Coba Lakukan Ini!
Banyak faktor yang membuat tanaman bunga tidak berkembang.(Dok tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak faktor yang membuat tanaman bunga tidak berkembang. Di sisi lain, perawatan tanaman bunga juga berbeda dengan tanaman hias lainnya.

Salah satu tanaman hias favorit yang banyak ditanaman di rumah adalah tanaman berbunga. Ini karena bunga dari tanaman tersebut terlihat cantik sehingga bisa meningkatkan estetika rumah. Namun tentunya, agar bisa benar-benar berbunga, tanaman ini butuh perawatan khusus. Perawatan yang dimaksud antara lain: 

Tempatkan di area teduh
Bunga memang terlihat indah saat berkembang di bawah sinar matahari. Namun faktanya, kebanyakan tanaman bunga justru akan lebih baik jika ditempatkan di tempat teduh, atau yang tidak terkena sidar matahari langsung. Selain itu, jangan biarkan tanaman ini mendapat sinar matahari lebih dari 10 jam. Sebab umumnya, tanaman bunga merupakan tanaman hari pendek yang tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari. 

Hambat pertumbuhan cabangnya
Ada tanaman bunga yang tidak berkembang karena terus menumbuhkan cabangnya. Maka agar tidak demikian, hambat pertumbuhan cabang tersebut. Caranya adalah dengan menyemprotkan hormon penghambat (retardan) pada tanaman bunga. Hormon ini berfungsi menghambat pertumbuhan cabang agar tidak terlalu panjang, sehingga cabangnya akan rapi.

Siram setiap hari
Siram secara setiap hari agar media tanam selalu lembab. Tapi, jangan juga sampai terlalu basah dan becek karena ini akan membuat akar bunga cepat membusuk. Bisa juga dengan membuat sistem drip, yaitu meneteskan air sedikit demi sedikit dengan selang kecil.

Beri pupuk perangsang
Gunakan pupuk khusus untuk merangsang pertumbuhan bunga. Semprotkan pupuk ini pada area daun sekitar seminggu sekali, agar tanaman bunga rajin berbunga dan lebat.

Perhatikan pemupukan
Agar tanaman bunga bisa berkembang sempurna, perhatikan pemupukannya. Gunakan pupuk pabrik sebulan sekali sebagai nutrisi tambahan agar tanaman bunga tetap sehat. Ingat, jangan sampai memberikan pupuk terlalu banyak atau terlalu sering, karena malah akan mematikan tanaman bunga tersebut.

Komentar