aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memutuskan Mengambil Pinjaman atau Kredit

Sunday, 21 June 2020 04:00:02 WIB | aura.co.id
Perhatikan Hal Ini Sebelum Memutuskan Mengambil Pinjaman atau Kredit
Ilustrasi. (Istimewa)

TABLOIDBINTANG.COM - Apakah Anda terlintas untuk mengambil kredit? Seperti kartu kredit, kendaraan atau rumah? Ada baiknya memikirkan dengan baik keputusan secara cermat sebelum tergiur dan memutuskan mengambil angsuran kredit.

Pasalnya, terdapat banyak kasus yang berujung dengan ketidakmampuan pihak pengambil kredit dalam membayar angsuran. Alhasil berujung pada berbagai masalah, terutama masalah finansial.

Dalam hal ini, pertimbangan yang matang serta keputusan yang bijak menjadi kunci tepat sebelum memutuskan mengambil angsuran kredit sebelum menyesal di kemudian hari.

Yang paling mendasar sebelum hendak mengambil angsuran kredit adalah bertanya pada diri sendiri, apakah saya benar-benar membutuhkannya? Dengan ini, Anda dapat menentukan prioritas terhadap kredit yang ingin diambil dan jenis kredit yang dibutuhkan.

Tentu, mengambil kredit juga tak lepas dari faktor pendapatan dan jumlah pengeluaran sehari-hari. Sebelum mengambil kredit, ketahui dengan pasti jumlah pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Hitung dengan teliti jumlah pendapatan serta pengeluaran yang dilakukan setiap hari selama sebulan untuk menentukan kelayakan diri sebelum mengambil kredit. Sebab, dengan mengambil kredit harus siap menanggung pembayaran yang dapat berlangsung secara jangka panjang.

Jika merasa keberatan dengan angsuran yang harus dijalani, maka sebaiknya memikirkan dua kali sebelum mengambil kredit. Tetapi, jika Anda yakin mampu membayar angsuran di kemudian hari, pastikan kebutuhan pengeluaran Anda tak terganggu setelah mengambil angsuran kredit tersebut.

Pengambilan angsuran kredit disertai pula dengan bunga. Ini berlaku baik untuk kartu kredit, angsuran kredit kendaraan maupun barang-barang dan perangkat elektronik. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas bunga yang harus dibayar saat melakukan pembayaran angsuran. Jangan sampai Anda melakukan pengeluaran dengan jumlah bunga yang kelewat tinggi dan malah jatuhnya merugikan kondisi keuangan Anda.

Ketahui pula dengan pasti sistem pembayaran yang akan dijalani saat hendak mengambil kredit. Dengan ini, Anda dapat mengetahui langkah sekaligus cara pembyarannya setiap bulan.

Kini sudah terdapat beberapa cara pembayaran tagihan dan angsuran kredit yang sangat mudah, seperti sistem pembayaran tagihan dan angsuran kredit yang ditawarkan layanan Pospay dari PT. Pos Indonesia. 

Menggunakan Sistem Online Payment Point (SOPP), berbagai pembayaran tagihan dan angsuran bahkan juga dapat dilakukan secara online. Mulai dari pembyaran telekomunikasi, multi-finance, kartu kredit, pinjaman pribadi hingga asuransi. 

Dengan mengetahui sistem pembayaran yang mudah, maka juga akan mempermudahkan Anda sehingga tidak berpotensi mengganggu aktifitas sehari-hari, sekaligus tidak memakan waktu lama untuk melakukannya.

Selain itu, penting untuk memastikan reputasi dan kualitas perusahaan atau pihak pemberi kredit. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan hanya karena terdesak waktu atau berbagai tawaran yang dianggap menarik. 

Namun lakukan pula penelusuran detil seputar informasi pihak pemberi kredit untuk memastikan bahwa Anda menjatuhkan pilihan pada pihak yang tepat saat hendak mengambil kredit.

Komentar