aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Menurunkan Demam Menggunakan Bawang Merah

Wednesday, 27 May 2020 06:00:23 WIB | aura.co.id
Cara Menurunkan Demam Menggunakan Bawang Merah
Bawang merah kaya akan kandungan sulfur, serat, kalium, vitamin B, dan vitamin C. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Saat demam melanda, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkannya yaitu dengan menggunakan bawang merah. 

Demam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang lumrah terjadi pada banyak orang, terutama pada mereka yang memiliki segudang aktivitas, pola hidup yang kurang sehat, dan ditambah dengan cuaca yang sedang buruk.

Pada dasarnya memang sudah banyak sekali obat yang mampu menurunkan demam, tapi biasanya akan ada efek samping berupa rasa kantuk yang membuat beberapa orang enggan untuk mengkonsumsi obat pereda demam dan memilih untuk menggunakan cara-cara tradisional, seperti dengan mengkompresnya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada lho bumbu dapur, yang ternyata kalian temui sehari-hari, bisa jadi salah satu solusi alternatif kalian untuk menurunkan demam.

Yup, bawang merah!

Bawang merah kaya akan kandungan sulfur, serat, kalium, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu, bawang merah juga rendah lemak, kolesterol, dan sodium sehingga membuatnya baik untuk pengobatan. Walaupun masih cukup asing bagi beberapa orang, bawang merah sebenarnya sudah cukup sering digunakan untuk mengatasi penyakit ringan seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan alergi.

Bagaimana cara menggunakan bawang merah sebagai obat pereda demam?

- Tumbuk beberapa siung bawang merah secara kasar (jangan sampai terlalu halus)

- Tambahkan sedikit minyak telon atau minyak kayu putih

- Aduk sampai merata dan kemudian aplikasikan pada leher, punggung, dada dan juga perutmu

-Beri pijatan lembut dan kemudian tidur

Cara ini cukup sering dilakukan oleh banyak orang, tapi tidak boleh mengaplikasikan cara ini ke anak kecil ya, karena campuran bawang merah dan minyak telon atau minyak kayu putih ini dapat membuat iritasi pada kulit anak-anak.

Saat demam melanda, coba turunkan dengan bawang merah ya! 

Komentar