aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sampai Kapan Kue Lebaran Masih Layak Dikonsumsi?

Saturday, 23 May 2020 22:00:23 WIB | aura.co.id
Sampai Kapan Kue Lebaran Masih Layak Dikonsumsi?
Ragam kue kering sudah menjadi hidangan wajib saat Lebaran. (Dok tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Ragam kue kering sudah menjadi hidangan wajib saat Lebaran. Berbagai jenis kue dari mulai nastar, kastengel, hingga putri salju, siap mengisi toples-toples milik Anda di hari Lebaran.

Kue-kue kering tersebut pasti tersedia dalam jumlah banyak. Biasanya, ketika Lebaran usai kue-kue kering tersebut masih ada yang tersisa.

Sampai kapan kue-kue tersebut masih bisa dinikmati? Rata-rata kue kering tersebut tahan hingga tiga bulan. Tetapi, ketahanan kue juga dipengaruhi oleh jenis bahan yang dipakai.

"Tergantung dari telur yang digunakan ya. Kalau dia sistemnya renyah sekali, itu tahan tiga bulan lebih. Tapi kalau banyak banget butter atau banyak menggunakan lemak serta kadar air, itu biasanya lebih cepat (kadaluwarsa)," berikut penjelasan Chef Karen Carlotte.

Kerenyahan kue ternyata juga membantu Anda untuk mengetahui apakah kue tersebut masih layak dimakan atau tidak. "Tanda pertama tidak oke itu tidak renyah lagi. Karena itu udah ada kelembaban masuk. Kalau kelembaban masuk, itu pasti mengundang jamur," cetus Chef Karen Carlotte.

Selain bahan, wadah kue juga mempengaruhi ketahanan kue tersebut. "Tergantung tempat yang digunakan. Kalau pakai silicon gel, masih aman dikonsumsi hingga tiga bulan," tambah Chef Karen Carlotte.

Chef Karen Carlotte menyarankan untuk menulis tanggal pembuatan di tempat kue agar tahu batas waktunya. "Kalau aku biasanya labelin di bawahnya. Jadi ini buatnya tanggal segini, baru tulis expired date. Kita hitung tiga bulan setelah itu kita cek," kata Chef Karen Carlotte.

Komentar