aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Daging Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Alasannya

Saturday, 23 May 2020 08:00:23 WIB | aura.co.id
Daging Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Alasannya
Anda tidak mencuci daging sebelum memasaknya. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebelum memasak daging, biasanya Anda mencucinya terlebih dahulu. Tujuannya cuma satu, agar daging bersih dari bakteri.

Namun, mulai kini kebiasaan tersebut sepertinya harus Anda hindari. Karena kebiasaan tersebut bisa menimbulkan terjadinya kontaminasi silang (cross-contamination).

Ketika mencuci daging, serangga yang terdapat pada daging akan terbang dan hinggap pada molekul air dalam ukuran yang sangat kecil sehingga Anda tidak bisa melihatnya. Serangga tersebut bisa juga hinggap di pakaian, bahkan mulut atau hidung Anda.

Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mencuci daging sebelum memasaknya. Karena sebenarnya bakteri tersebut akan mati dengan sendirinya ketika dimasak pada suhu yang tepat, yaitu sekitar 63 derajat Celsius. Setelahnya, tunggu tiga menit hingga daging lebih matang, barulah Anda dapat mengonsumsinya.

Selain itu, kebiasaan merendam daging di air tawar atau air garam, tidak akan membuat daging lebih bersih, seperti dilansir laman Chowhound. Jika Anda tetap ingin melakukannya (karena tidak ingin segera memasak daging), masukkan daging yang sudah diberi air garam ke dalam kulkas. Namun pastikan melakukannya hati-hati agar tidak terjadi kontaminasi silang ketika daging direndam.

Kesimpulannya adalah jangan mencuci daging. Anda cukup mengeluarkan daging dari kemasan plastiknya dan mengeringkannya dengan handuk kertas sebelum dimasak. Segera cuci tangan dengan bersih, setelahnya.

Komentar