aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini 5 Bahaya Pencarian Jodoh dari Aplikasi Kencan Online

Tuesday, 3 March 2020 03:00:23 WIB | aura.co.id
Ini 5 Bahaya Pencarian Jodoh dari Aplikasi Kencan Online
Aplikasi kencan online meraih posisi kedua terpopuler sebagai tempat untuk menemukan pasangan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Aplikasi kencan online meraih posisi kedua terpopuler sebagai tempat untuk menemukan pasangan. 

Namun, patut menjadi perhatian, ada risiko-risiko lain yang bisa jadi lebih berbahaya dan sulit untuk dihindari, karena menyangkut perasaan. 

Ryan Anderson, psikolog asal Amerika yang khusus mempelajari hubungan dasar manusia, menguraikan bahaya kencan online seperti diutarakannya dalam tulisan bertajuk The Ugly Truth About Online Dating yang dimuat laman Psychology Today

1. Orang-orang berbohong tentang profil mereka di aplikasi kencan online

Faktanya, ingin terlihat lebih menarik sudah menjadi sifat bawaan kebanyakan orang. Dan sesungguhnya, poin nomor satu ini bukanlah informasi baru. Namun entah mengapa peringatan ini tetap perlu disampaikan. 

2. Mencari pasangan? Ini berarti yang Anda inginkan hanya seks

Ini salah satu persoalan besar yang dihadapi pihak wanita dalam hal kencan daring. Ketika mereka berharap tinggi bisa bertemu pangeran impian, kebanyakan laki-laki justru hanya menginginkan seks.

“Sepertinya banyak laki-laki yang berasumsi bahwa wanita yang ikut aplikasi kencan online tidak akan keberatan untuk tidur dengan orang asing,” Ryan menganalisa.

Oleh karenanya, wanita juga perlu waspada terhadap kemungkinan datangnya pesan-pesan bernada porno dan jorok. 

3. Hati-hati, Anda sangat mungkin bertemu dengan penipu ulung 

Oke, Anda tidak tergoda dengan tawaran atau ajakan yang menjurus kepada seks. Tapi, bagaimana dengan tawaran mendapatkan uang banyak, tubuh langsing seketika, dan lain-lain. Waspada pula dengan seseorang yang terlalu bertanya mendetail informasi pribadi, seperti alamat rumah, alamat email pribadi, dan lain-lain. 

4. Percaya, deh, hubungan tidak selalu untuk selamanya

Sebuah penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Michigan, hubungan yang diawali lewat kencan daring, sebanyak 28 persennya tidak akan bertahan lebih dari satu tahun, lebih tinggi dibanding pasangan yang memulai hubungan dengan pertemuan langsung. Selain itu, pasangan yang bertemu lewat kencan daring juga tiga kali lebih tinggi untuk bercerai.

“Bagaimanapun, tidak semuanya benar-benar buruk. Pasangan yang memulai hubungan secara langsung pun, sebanyak 5 persen dari yang berkomitmen atau tetap menikah, tetap melakukan hubungan dengan orang lain secara daring,” jelas Ryan. 

5. Kencan online membuat Anda menjadi orang yang suka pilih-pilih dan menghakimi

Sangat mudah untuk mengganti sebuah pilihan ketika banyak tersedia pilihan lain yang lebih potensial.

Tapi, mau sampai kapan seperti itu?

Komentar