aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Langkah Mudah Merapikan Kulkas

Saturday, 7 December 2019 02:00:23 WIB | Yuriantin
5 Langkah Mudah Merapikan Kulkas
Kulkas yang tertata rapi memudahkan Anda untuk mengambil bahan makanan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kulkas yang tertata rapi memudahkan Anda untuk mengambil bahan makanan. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengetahui secara pasti makanan apa saja yang Anda miliki sehingga tidak terbuang sia-sia akibat telah kedaluarsa.

Namun, seringkali rasa malas dan lelah mendorong Anda menjejalkan makanan ke dalam kulkas. Akibatnya, tak jarang kulkas menjadi tempat timbunan makanan dan kumpulan bau kurang sedap. Agar kondisi tersebut tidak terjadi, Anda bisa mulai menata kulkas Anda dengan cara berikut:

1. Buang makanan yang kedaluwarsa atau rusak (perubahan tekstur)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang semua makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa, mengalami perubahan tekstur, ataupun sisa makanan yang telah lama disimpan, dan bahkan Anda telah lupa pernah menyimpannya.

2. Susun makanan berdasarkan suhu yang dibutuhkan ketika memasak

Para profesional biasanya menyusun makanan di dalam kulkas untuk menjaga keamanannya. Tempatkan makanan yang tidak perlu dimasak pada rak atas dan isilah rak setelahnya dengan makanan yang dimasak pada suhu rendah, dan seterusnya hingga makanan paling bawah berisi makanan yang perlu dimasak dengan suhu tinggi. Cara ini bisa mencegah terjadinya kontaminasi antar makanan, seperti dilansir laman Kitchn.

3. Tata bumbu makanan berdasarkan jenis hidangan

Misalnya, Anda bisa menyatukan bumbu untuk memasak makanan asia, yang terdiri dari kecap asin, minyak wijen, kecap ikan dalam satu rak yang sama. Sedangkan untuk bumbu lain yang sejenis, seperti selai kacang dan selai oles lainnya bisa diletakkan pada rak yang sama. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengacak isi kulkas ketika akan memasak.

4. Tempatkan baki bulat (lazy susan) di kulkas

Untuk memudahkan Anda mengambil bahan makanan yang sering digunakan, tempatkan baki bulat di dalam kulkas.

5. Gunakan mangkuk untuk menaruh buah

Agar buah tidak rusak atau tertindah makanan lain, gunakan mangkuk buah untuk menaruhnya di dalam kulkas.

Komentar