aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Stok Pakaian Kering Tidak Habis Saat Musim Hujan Simak 5 Kiat Ini

Monday, 2 December 2019 23:00:19 WIB | aura.co.id
Agar Stok Pakaian Kering Tidak Habis Saat Musim Hujan Simak 5 Kiat Ini
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Walaupun menggunakan pengering pakaian tetap harus sedikit terpapar sinar matahari agar tidak lembap dan benar-benar kering.

Namun, ketika musim hujan datang, pekerjaan memapar pakaian di bawah sinar matahari menjadi satu hal yang sulit dikerjakan. Salah-salah, persediaan pakaian kering layak pakai habis. Duh, jangan sampai. 

Ada 5 cara dari Super Savvy Me yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasinya. 

1.    Membuat prioritas 
Selalu berpikir dua kali untuk melempar pakaian ke dalam mesin cuci. Tidak semua harus dicuci setiap kali selesai pakai. Celana jin tidak perlu sering dicuci. Terkena lembap air hujan sekalipun, celana jin masih bisa digantung atau diangin-anginkan di dalam rumah. Selang beberapa hari, Anda bisa mengenakannya lagi. 
Tips: sediakan keranjang tambahan untuk memudahkan Anda memisahkan pakaian yang benar-benar harus dicuci hari itu juga, masih bisa dipakai lagi, dan ditunda. Rapikan di malam hari. Pakaian yang masih bisa dipakai lagi bisa dirapikan dengan cara menyetrikanya.  

2.    Rapikan pakaian sebelum dicuci
Tutup ritsleting, buka gulungan tangan dan celana. Dengan cara ini, Anda akan mengurangi risiko pakaian terlalu kusut setelah selesai dicuci. 
Tips: sebelum menggantung pakaian di jemuran, pegang kedua ujung atas pakaian dengan kedua tangan, lalu beri satu hentakan keras agar semua sisa air keluar. Dalam banyak kasus, cara ini bahkan bisa membuat pakaian tidak perlu diseterika. 

3.    Gunakan pengharum pakaian 
Khusus untuk menjemur pakaian di musim hujan, detergen saja—yang dijamin harum sekalipun—tidak cukup. Anda harus mencelup pakaian ke dalam larutan pengharum. 
Tips: pilih pengharum pakaian yang aromanya menyegarkan dan tidak akan berubah apak walau pakaian dijemur di dalam ruangan.   

4.    Tetap bijak menggunakan pengering pakaian 
Hanya karena ingin pakaian yang dicuci benar-benar cepat kering, bukan berarti Anda harus memutar pengering berkali-kali. Selain akan menyedot daya listrik tinggi, pakaian juga lekas rusak.
Tips: saat mengeringkan, kurangi kepadatan pakaian. Dengan memberi cukup banyak rongga, pakaian bisa kering secara lebih optimal. 

5.    Jemur pakaian dengan cara normal 
Menjemur di dalam ruangan, bukan berarti Anda menggantungnya di balik lemari es atau di atas televisi. Jangan pernah melakukan itu karena berisiko rusaknya peralatan elektronik atau bahkan korsleting listrik. 
Tips: menjemur pakaian di samping jendela yang memiliki lubang udara pilihan yang jauh lebih aman. Semilir angin kecil yang berembus dari luar akan membantu mengeringkan pakaian. Jangan lupa, gantung pakaian secara berjarak. Jemuran yang terlalu dipadatkan akan membuat lebih lama kering. 

(wida/gur)

Komentar