aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tak hanya Cantik, 8 Tanaman Ini Ampuh Mengusir Nyamuk

Thursday, 24 October 2019 12:45:21 WIB | Agestia Jatilarasati
Tak hanya Cantik, 8 Tanaman Ini Ampuh Mengusir Nyamuk
Nyamuk, hewan kecil yang membuat sebal. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Nyamuk, hewan kecil yang membuat sebal. Bagaimana tidak, gigitannya membuat tubuh gatal atau bahkan dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti demam berdarah, kaki gajah, hingga Zika. Untuk menghalau nyamuk, biasanya orang menggunakan obat pengusir nyamuk.

Jika Anda mencari alternatif pengusir nyamuk yang alami, ada lho beberapa jenis tumbuhan yang dapat membantu Anda. Apa saja, ya?

1. Selasih

Tanaman selasih atau basil, yang sekilas mirip dengan kemangi, biasa hadir untuk menyedapkan rasa masakan. Namun, selasih memiliki manfaat lain yaitu mengusir nyamuk berkat aroma kuatnya. Tanaman selasih cocok ditanam baik di pot atau pekarangan rumah, karena tidak mengganggu tanaman lain.

2. Lemon balm

Lemon balm berbentuk seperti tanaman mint tetapi aromanya seperti lemon. Lemon balm mengandung zat citronellal dan citronellol yang dihindari nyamuk. Disarankan menanam lemon balm di pot, karena tanaman ini bersifat mudah menyebar dan menggusur tanaman lainnya.

Lavendel (Ika/tabloidbintang.com)
Lavendel (Ika/tabloidbintang.com)

3. Kucing-kucingan

Tanaman kucing-kucingan atau catnip dikenal dapat menenangkan kucing, namun di sisi lain tanaman ini dapat menakuti nyamuk. Kucing-kucingan mengandung nepetalakton, yang jauh lebih efektif daripada bahan diethyl-meta-toluamide (DEET) yang biasanya terdapat dalam obat pengusir nyamuk. Tanaman ini bisa ditanam di pekarangan rumah atau di pot.

4. Lavendel

Tak hanya indah dipandang mata, lavendel juga mampu mengusir nyamuk. Aroma harumnya justru tidak disukai nyamuk. Mengapa nyamuk membenci tanaman yang memiliki aroma? Itu karena nyamuk hanya menyukai aroma karbondioksida yang biasanya keluar dari makhluk hidup dan tanaman beraroma ini menyamarkan bau itu.

5. Marigold

Tanaman selanjutnya yang dapat mengusir nyamuk adalah marigold atau dikenal juga dengan nama bunga tahi ayam. Sebagaimana lavendel, wangi marigold juga tidak disukai oleh nyamuk. Tanam marigold di pot lalu tempatkan di dekat titik masuk nyamuk ke rumah, seperti jendela dan pintu.

Seledri (Depositphotos)
Seledri (Depositphotos)

6. Seledri

Seledri sahabat bagi masakan. Namun, tahukah Anda bahwa seledri pun dapat mengusir nyamuk? Cukup tanam seledri di pot lalu letakkan di dekat jendela dan pintu. Selain itu, air rebusan seledri dapat dijadikan cairan pembasmi nyamuk.

7. Pennyroyal

Pennyroyal merupakan tanaman merambat dengan bunga kecil berwarna ungu, yang juga efektif untuk memerangi nyamuk. Tanamlah tumbuhan ini di sekitar pekarangan rumah agar nyamuk tidak betah berada di rumah Anda. Saat Anda akan keluar rumah, cukup ambil batang pennyroyal lalu remukkan dan masukkan ke dalam saku celana, nyamuk akan menjauhi Anda sepanjang perjalanan.

8. Tapak dara

Tanaman tapak dara atau geranium ini berbunga indah. Keharuman bunga ini memikat sampai menjadi salah satu bahan wewangian populer, di sisi lain juga menjadi penolak nyamuk yang efektif. Tanamlah di pekarangan rumah agar rumah lebih indah dan nyamuk pun menjauh.

(ages)

Komentar