aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Peralatan Memasak Inti yang Harus Dimiliki para Pemasak Pemula

Tuesday, 22 October 2019 21:00:23 WIB | Wida Kriswanti
Ini Peralatan Memasak Inti yang Harus Dimiliki para Pemasak Pemula
Beberapa peralatan masak wajib Anda miliki untuk mendukung kegiatan memasak. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Belajar memasak tidak hanya tentang makanannya, tapi juga peralatan memasak yang akan digunakan.

Beberapa yang inti dan benar-benar akan terpakai wajib Anda miliki untuk mendukung kegiatan memasak yang dilakukan. Apa saja itu?

* Setidaknya dua jenis sendok saji; sendok biasa dan sendok berlubang. Sendok pertama untuk menyajikan masakan berkuah (bisa juga untuk minuman), sendok kedua untuk mengangkat masakan yang harus disajikan kering.

* Sendok sayur untuk mengambil masakan seperti sayur kuah atau sop.

* Setidaknya satu spatula. Jika koleksi wajan Anda berlapis anti-lengket, pilih spatula dari plastik. Jika koleksi wajan dari logam, pilih spatula yang sama terbuat dari logam. Spatula berfungsi untuk mengaduk masakan atau membalik dadar. Spatula bisa juga digunakan untuk memindahkan masakan dari wajan ke piring saji.

* Satu spatula kecil yang berfungsi untuk mencongkel atau mengkikis masakan yang lengket atau menempel di dasar wajan.

* Satu penjepit salad. Memilikinya akan membuat Anda lebih bersemangat untuk membuat hidangan salad. Sehat bukan?

* Satu set pisau yang ditata rapi dalam tempatnya atau satu pisau serbaguna yang benar-benar tajam. Memasak tidak mungkin tanpa menyertakan kegiatan potong-memotong.

* Gunting dapur yang lebih tajam dari gunting biasa akan dibutuhkan untuk menyobek kemasan makanan atau mungkin memotong beberapa jenis sayuran.

* Gelas ukur akan membantu Anda dalam menakar bahan-bahan masakan yang dibutuhkan, seperti air, santan, dan sejenisnya. Koleksi akan semakin lengkap bila Anda juga memiliki cangkir ukur untuk menakar tepung.

* Satu set sendok ukur akan membantu Anda menakar bahan bumbu yang digunakan dalam ukuran kecil secara tepat (alih-alih menggunakan sendok makan atau teh betulan yang takarannya kurang tepat), seperti merica, garam, gula, dan sejenisnya.

* Mangkuk besar untuk mencampur adonan.

* Kocokan telur.

* Satu mixer tangan untuk mencampur adonan, membuat smoothies, atau saus dengan risiko berantakan yang lebih kecil.

* Satu pembuka kaleng, tanpa ada alternatif lain.

* Satu mangkuk saringan untuk meniriskan masakan, seperti rebusan mi atau pasta. Ada yang terbuat dari plastik dan logam. Pilih yang mana tergantung selera dan kebutuhan Anda.

* Setidaknya dua wajan. Ukuran kecil untuk menumis dan dadar, ukuran besar untuk mengolah masakan berbumbu. Untuk pemula, wajan dengan lapisan anti-lengket pilihan yang tepat. Setelah lebih mahir memasak, segera lengkapi koleksi dengan wajan besi atau baja.

* Setidaknya dua panci. Ukuran kecil 1 liter, ukuran besar 2 liter. Pilih panci yang dilengkapi tutup kaca agar Anda bisa memeriksa makanan kapan pun dengan rasa aman (tanpa kebulan uap panas).

* Satu kukusan untuk segala keperluan mengukus.

(wida)

Komentar