aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

10 Trik Memanfaatkan Garam selain Sebagai Penyedap Rasa

Tuesday, 10 September 2019 21:30:23 WIB | Rizki Adis Abeba
10 Trik Memanfaatkan Garam selain Sebagai Penyedap Rasa
Garam harus ada di dapur, karena hampir semua masakan menggunakan garam untuk menambah rasa. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Garam harus ada di dapur, karena hampir semua masakan menggunakan garam untuk menambah rasa. Di luar fungsinya sebagai penyedap rasa, garam menyimpan manfaat untuk kebutuhan rumah tangga hingga kecantikan kulit, lo! Apa saja?

1. Menguji kesegaran telur

Jika tidak dibeli di supermarket yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa di kemasan, tidak ada petunjuk tentang masa kedaluwarsa telur ayam. Namun Anda bisa memastikan kesegarannya menggunakan larutan air yang dicampur garam. Masukkan beberapa butir telur yang ingin Anda uji ke dalam wadah berisi air garam. Telur yang masih segar akan tenggelam ke dasar wadah, sedangkan telur yang sudah kedaluwarsa mengapung.

2. Mencegah buah potong berwarna kecokelatan

Buah-buahan seperti pir dan apel mudah teroksidasi setelah dikupas atau dipotong, sehingga warnanya berubah kecokelatan. Anda bisa memperlambat proses oksidasi pada buah-buahan potong dengan merendam ke dalam larutan air garam sebelum dipotong.

3. Membersihkan tumpahan adonan di pemanggang kue

Tumpahan adonan bisa kering dan menjadi kerak yang sulit dibersihkan di permukaan pemanggang kue. Untuk membersihkannya, taburi garam di atas tumpahan adonan, lalu lanjutkan memanggang. Garam yang dipanaskan akan menghasilkan kerak yang mudah dibersihkan ketika pemanggang sudah kembali ke suhu rendah.

4. Membersihkan kerak hitam penggorengan

Garam bisa berfungsi sebagai scrub untuk mengangkat kerak hitam di penggorengan, jika Anda tidak sengaja menggoreng sesuatu hingga gosong. Caranya, bersihkan penggorengan dengan air, kemudian taburi garam masak dan gosok dengan spons pencuci piring. Garam juga menghilangkan noda karat, membersihkan piring dan cangkir bernoda, bahkan membuat perabot tembaga lebih mengilap.

5. Mengusir serangga

Garam bukan hanya bisa mengusir ular, namun juga dapat membuat serangga enggan melintas di rumah Anda. Secara berkala, taburi garam di bagian rumah yang sering dilewati serangga seperti sudut dinding, bawah pintu, dan kosen jendela.

6. Mencegah telur retak ketika direbus

Masukkan satu sendok garam ke dalam air rebusan telur. Garam menjadikan kulit telur lebih kuat dan tidak mudah retak. Selain itu memberi rasa gurih pada telur rebus Anda.

7. Membersihkan talenan kayu

Talenan kayu tidak disarankan dicuci dengan sabun. Karena sabun bisa terserap pori-pori kayu dan mencemari makanan yang dipotong di atasnya. Untuk membersihkan, gunakan garam dan potongan jeruk lemon. Taburi garam (pilih yang teksturnya kasar) di atas talenan, lalu gosok-gosok menggunakan potongan jeruk lemon atau nipis. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

8. Mengawetkan daging dan ikan

Menaburi dengan garam adalah teknik kuno dalam mengawetkan daging dan ikan tanpa lemari es. Caranya, bersihkan daging dan ikan dengan air dan hilangkan semua darah segar yang menempel di daging, lalu keringkan hingga benar-benar kering – bisa dengan menekan-nekan memakai tisu dapur. Setelah kering, taburi satu sisi daging atau ikan dengan garam hingga merata, diamkan selama setengah jam. Lakukan hal yang sama di sisi lainnya, lalu bungkus dengan plastik dan simpan di dalam wadah kedap udara.

9. Menghaluskan telapak tangan dan kaki

Larutkan garam di air hangat, lalu rendam tangan dan kaki Anda di dalamnya. Setelah beberapa menit, gosok tangan dan kaki Anda dengan sikat halus. Jika dilakukan secara teratur, cara ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati, membuat kulit telapak tangan dan kaki Anda lebih lembut.

10. Mengobati jerawat

Garam mampu membunuh dan mencegah tumbuhnya bakteri pemicu jerawat. Campurkan garam dengan air hangat dengan perbandingan 1:1, lalu aduk rata. Oleskan di bagian kulit yang ditumbuhi jerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat dan segera keringkan. Lebih baik jika Anda memakai pelembap wajah setelahnya, mengingat garam bersifat menyerap air dan membuat kulit kering. J riz

Komentar