aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Berlian Milik Anda Asli atau Palsu? Begini Cara Mudah Mengujinya

Monday, 26 August 2019 04:00:23 WIB | Agestia Jatilarasati
Berlian Milik  Anda Asli atau Palsu? Begini Cara Mudah Mengujinya
Ada pepatah mengatakan berlian adalah teman terbaik wanita.(Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada pepatah mengatakan berlian adalah teman terbaik wanita. Agaknya ini tidak terlalu berlebihan karena wanita memang menyukai perhiasan, terutama berlian. Tapi sudahkah Anda memastikan berlian yang Anda miliki asli? Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengecek keaslian berlian, seperti dilansir oleh Wikihow.

Uji panas merupakan cara mudah pertama ketika Anda ingin mengetahui keaslian berlian. Berlian asli tidak akan mudah terbakar karena struktur berlian sangat padat. Panaskan berlian selama 30 detik lalu rendam air dingin. Berlian asli tidak akan berubah bentuk walau dipanaskan sebentar.

Uji air juga bisa digunakan untuk mengetahui keaslian berlian Anda. Caranya dengan merendam berlian pada segelas air dan lihat apakah berlian tenggelam ke dasar atau tidak. Berlian yang asli akan tenggelam karena struktur berlian sangat padat dan tidak memungkinkan mengapung.

Jika Anda berada di dalam toko berlian dan ingin mengjui keasliannya tanpa perlu repot membawa korek atau air, Anda hanya perlu menggunakan uji kabut. Uji kabut adalah uji uap udara pada cincin. Caranya dengan meniup berlian lalu lihat apakah berlian berembun atau tidak. Jika berlian berembun atau berkabut, maka kemungkinan besar berlian itu adalah palsu. Berlian asli akan menyebar panas seketika, sehingga tidak akan terjadi embun atau kabut dari berlian.

Cara lain untuk melihat keaslian dari berlian adalah dengan menggunakan kaca pembesar. Berlian asli yang berasal dari tambang biasanya memiliki sedikit ketidaksempurnaan pada bentuk atau ukirannya, atau yang biasa disebut dengan inklusi. Lihat juga perubahan warna-warni yang muncul dari berlian. Kedua hal tersebut merupakan tanda dari keaslian berlian.

(agestia)

Komentar