aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mau Nyaman Tidur di Pesawat? Silakan Coba Langkah-langkah Ini

Friday, 23 August 2019 16:15:05 WIB | Khairiyah Sartika
Mau Nyaman Tidur di Pesawat? Silakan Coba Langkah-langkah Ini
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang mungkin pernah mengalami kesulitan menikmati tidur yang nyaman bagi tubuh.

Tak banyak yang tahu, sebenarnya faktor penyebab utama ketidaknyamanan ini akibat ukuran kursi yang kurang lebar.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Airbus, sebuah pengaturan kecil pada kursi pesawat dapat membuat sebuah perubahan besar bagi kenyamanan tidur penumpang.

Seperti pernah dilaporkan Huffington Post, dengan melebarkan kursi pesawat dari 17 inci menjadi 18 inci, maka cara ini dapat meningkatkan kualitas tidur sebesar 53 persen.

Kursi yang lebih lebar diketahui dapat membantu penumpang tertidur lebih cepat dan mengurangi resiko terbangun di sela waktu tidur.

Penelitian yang dijalankan London Sleep Centre membuktikan hal ini dengan menggunakan teknologi yang mengukur gelombang otak, kondisi mata, dada dan pergerakan kaki.

"Semua pasien mengalami tidur yang lebih nyenyak, dan tidak terganggu dalam kursi berukuran 18 inci ini," jelas Dr. Irshaad Ebrahim dari London Sleep Centre.

"Sedangkan pada kursi lebih kecil berukuran 17 inci, penumpang terpengrauh oleh gangguan saat tidur, yang artinya mereka sulit mengalami tidur nyenyak yang restoratif. Ketika berbicara terbang lama dalam kelas ekonomi, satu inci menjadi pengaruh besar terhadap kenyamanan penumpang," ungkapnya.

Namun sayangnya, masih ada beberapa perusahaan penerbangan yang malah mengecilkan ukuran kursi demi mencari keuntungan.

(tika / gur) 

Komentar