aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

6 Langkah Mudah Mengatasi Polusi Udara di Dalam Rumah

Tuesday, 20 August 2019 23:59:23 WIB | HOME.CO.ID
6 Langkah Mudah Mengatasi Polusi Udara di Dalam Rumah
Rumah juga bisa menjadi sumber polusi. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Polusi udara tak hanya berasal dari asap kendaraan bermotor atau asap pabrik, tapi bisa juga berasal dari rumah. Misalnya asap rokok, pembakaran sampah, penggunaan pestisida, hinga penggunaan bahan pembersih. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk mencegah polusi di dalam rumah serta menjaga kesehatan dan kenyaman penghuni rumah
.
Berikut 6 kiat mudah untuk mengatasi polusi udara di dalam rumah:

1. Ventilasi yang cukup di dapur

Aktivitas di dapur cenderung menghasilkan asap dan uap yang dapat berdampak polusi pada hunian. Pastikan dapur Anda memiliki ventilasi yang mencukupi. Jika dapur Anda tak punya ventilasi akali dengan exhaust fan atau cooker hood sehingga asap hasil memasak dapat langsung terhirup dan terbuang keluar rumah.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

2. Membuang yang telah membusuk

Anda mungkin sering menyimpan bahan-bahan makanan, buah, dan sayur di dalam kulkas atau lemari. Meski disimpan di dalam kulkas, bahan makanan atau buah dan sayur tetap memiliki batas kadaluarsa. Segera buang makanan jika sudah tidak layak atau membusuk. Makanan yang sudah membusuk jika didiamkan berlarut-larut dapat menyebarkan bau tak sedap yang mengganggu pernapasan.

3. Kurangi penggunaan bahan kimia 

Produk-produk pembersih rumah tangga umumnya mengandung bahan kimia. Jika terlalu banyak digunakan dapat menambah polusi udara karena menimbulkan bau yang cukup menyengat dan kandungan kimia dapat menyebar ke udara bebas. Selain itu jangan menyimpan pembersih berbahan kimia seperti pestisida di dalam rumah karena berbahaya.

4. Lakukan Kebiasaan baik

Lakukan kebiasaan baik yang sederhana. Melepas sepatu sembarangan dapat menyebarkan debu dan kotoran yang dibawa oleh sepatu. Selain itu, rutin mengontrol pembuangan sampah rumah tangga. Jangan menumpuk sampah terlalu banyak di dalam hunian. Jika tempat sampah sudah penuh, pindahkan ke tempat sampah utama agar diangkut oleh petugas kebersihan.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

5. Memelihara tanaman

Tanaman tak hanya membantu mengurangi polusi, tetapi membuat tampilan hunian tampak lebih indah. Jika Anda memiliki pekarangan yang cukup peliharalah banyak tanaman di halaman rumah. Namun jika terbatas, di dalam pot saja. Bisa juga masukan ke dalam hunian sehingga udara di dalam hunian lebih sejuk.

6. Membersihkan saluran AC 

Perangkat AC sangat rentan kotor dan dapat menjadi sarang bakteri karena menghisap udara luar setiap hari. Rutin bersihkan perangkat AC setidaknya dua bulan sekali untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan pendingin ruang tersebut.

Komentar