aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Memilih Warna Cat Sesuai dengan Fungsi Ruangan

Wednesday, 7 August 2019 22:00:23 WIB | Agestia Jatilarasati
Kiat Memilih Warna Cat Sesuai dengan Fungsi Ruangan
Cara mudah untuk menghadirkan suasana baru dan segar bagi sebuah ruangan adalah mengganti warna cat. (Pinterest)

TABLOIDBINTANG.COM - Cara mudah untuk menghadirkan suasana baru dan segar bagi sebuah ruangan adalah mengganti warna cat. Namun, memutuskan warna cat yang sesuai gampang-gampang susah, terlebih warna cat dalam suatu ruangan bisa jadi berperan dalam membentuk suasana hati orang yang berada di dalamnya. Berikut kiat memilih warna cat sesuai dengan fungsi ruangan, menurut desainer interior ruangan dan pakar warna.

Ruang Tamu atau Ruang Utama

(Behr.com)
(Behr.com)

Ruang tamu merupakan ruang yang merepresentasikan keadaan sebuah rumah. Pendiri Black Lacquer Design di Los Angeles, Caitlyn Murray, mengatakan bahwa warna cat yang bagus sekaligus fleksibel untuk ruang tamu adalah putih. “Warna putih sangat bagus untuk ruang tamu karena membuat Anda lebih leluasa untuk memadukan perabot nantinya. Selain itu, warna putih lebih netral sebagai warna ruang tamu, yang biasanya terhubung dengan ruangan lainnya,” papar Caitlyn.

Akan tetapi jika bosan dengan warna putih, konsultan warna asal Alexandria, AS, Kate Smith, merekomendasikan warna-warna berani namun hangat seperti merah, kuning, atau oranye. “Warna-warna ini memberi kesan hangat dan terhubung dengan orang lain (yang datang dan bertamu),” ungkap Kate.

Kamar Tidur

(purewows3.imgix.net)
(purewows3.imgix.net)

Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan merelaksasi tubuh serta pikiran. Warna-warna yang sejuk seperti biru, hijau, atau lavendel pilihan yang baik dan berefek menenangkan, menurut Leslie Harrington, konsultan warna asal Old Greenwich, AS.

“Warna merah cenderung meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sedangkan warna biru sebaliknya. Cobalah warna dusty blue karena semakin sendu rona warnanya, semakin terasa efeknya. Namun, jangan terlalu gelap,” saran Leslie.

Dapur dan Ruang Makan

(Pinterest)
(Pinterest)

Menurut Leslie, warna cat untuk dapur dan ruang makan bergantung pada kondisi berat badan pemilik rumah. “Jika Anda tidak memiliki masalah dengan berat badan berlebih, warna merah pilihan yang tepat karena warna merah merangsang seseorang untuk makan. Namun jika Anda ingin menekan nafsu makan maka pilihlah warna biru karena berdampak sebaliknya,” ungkap Leslie

Kamar Mandi

(purewows3.imgix.net)
(purewows3.imgix.net)

Putih warna yang populer untuk kamar mandi. Namun jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, liriklah warna biru dan turunannya. “Kebanyakan orang nyaman dengan warna biru, hijau, dan turquoise karena warna-warna ini berkesan bersih, segar, dan tenang,” ujar Leslie.

Jika ingin nuansa sedikit berbeda, Anda bisa mencoba warna merah muda pucat atau blush pink. Cocok untuk membangkitkan suasana hati dan bahkan menguarkan kesan hangat. Sedikit tip, hindarilah warna neon atau warna yang mencolok, karena memberi kesan pengap pada ruangan kecil.

Ruang Kerja

(purewows3.imgix.net)
(purewows3.imgix.net)

Ruang kerja perlu ditata sedemikian rupa agar konsentrasi kerja terjaga. Leslie menganjurkan penggunaan cat warna hijau untuk ruang kerja di dalam rumah. “Hijau warna yang dapat meningkatkan konsentrasi, karena warna ini mengingatkan kepada warna alam yang membantu menjernihkan pikiran. Pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok seperti sage green,” ucap Leslie.

(ages)

Komentar