aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

9 Cara Menjaga Sepatu Sneaker Putih Tetap Bersih

Tuesday, 25 June 2019 22:00:23 WIB | Rizki Adis Abeba
9 Cara Menjaga Sepatu Sneaker Putih Tetap Bersih
Sepatu sneaker putih kini menjadi benda mode wajib. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sneaker putih kini menjadi benda mode wajib. Warna putih memberi kesan bersih dan netral, sehingga sneaker putih pun pas dipadupadankan dengan hampir semua jenis pakaian dan fleksibel digunakan di berbagai acara.

Akan tetapi sepatu putih agak rewel dalam hal perawatan. Warna putih rentan terkena noda dan sulit dihilangkan. Namun tidak perlu khawatir, kalau Anda tahu 9 trik dalam
merawat dan membersihkan sneaker putih.

1. Kuteks untuk menutup goresan

Sneaker putih kekinian umumnya berbahan kulit sintetis. Berkesan elegan, namun rentan meninggalkan bekas goresan jika tergores atau tersangkut benda tajam. Untuk menutupinya, gunakan kuteks atau cat kuku berwarna putih. Oleskan kuteks di bagian sepatu yang tergores. Jangan terlalu tebal, yang penting warnanya sama dengan permukaan sepatu lainnya. Namun ingat, kuteks sifatnya tidak permanen sehingga Anda perlu mengulanginya jika sudah mulai luntur.

2. Cuka untuk menghapus noda membandel

Noda kecil pada sneaker putih tentu akan mengurangi keindahan sepatu Anda. Jika noda membandel dan tidak hilang setelah dicuci dengan sabun, gunakan sedikit cuka. Gosokkan cuka pada bagian noda di sepatu secara perlahan sampai noda menghilang.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

3. Sampo untuk menghilangkan noda minyak

Terkadang tanpa disadari Anda menginjak bekas makanan atau terciprat tumpahan makanan yang mengandung minyak, sehingga sampai mengotori sneaker putih Anda. Untuk menghilangkan noda minyak pada sneaker putih, gunakan sampo untuk mencucinya. Sikat perlahan dengan sikat gigi, lalu bilas dengan air hangat agar minyak benar-benar terangkat dari sepatu.

4. Pasta gigi untuk menjaga warna tetap cemerlang

Untuk menjaga warna putih pada sneaker tetap cemerlang, salah satu caranya, gunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi secara merata di sekujur permukaan sepatu. Setelah itu diamkan 4-5 jam, lalu bilas dengan air hangat.

5. Bisa juga menggunakan pemutih pakaian, asal...

Tidak abai mencampurnya dengan air putih. Kebanyakan petunjuk perawatan sepatu menyarankan untuk mencampur pemutih pakaian dan air dengan perbandingan 1:5. Jika terlalu banyak terkena zat pemutih pakaian, sepatu justru berisiko berubah warna menjadi kekuningan. Dan jangan celupkan sneaker putih Anda ke dalam cairan pemutih. Cukup sikat permukaan sepatu dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke pemutih, lalu bilas dengan air hangat.

6. Jangan cuci dengan mesin

Meski ada mesin cuci khusus yang bisa digunakan untuk mencuci sepatu, sebaiknya hindari mencuci sneaker putih dengan mesin cuci. Selemah apa pun putaran mesin cuci, mencuci sneaker di mesin cuci adalah pilihan terakhir karena berpotensi menggores permukaan sepatu berbahan kulit sintetis. Tetaplah mencuci dengan tangan!

7. Rendam tali sepatu di dalam air hangat

Terkadang orang terlalu fokus membersihkan sepatu, sehingga lupa tali sepatu pun harus dijaga kebersihannya. Memasukkan tali sepatu ke dalam mesin cuci juga tidak disarankan. Untuk menghilangkan noda pada tali sepatu, rendamlah di dalam air hangat yang diberi sabun. Setelah direndam minimal 10 menit, kucek tali sepatu dengan tangan atau sikat dengan menggunakan sikat gigi hingga kotoran benar-benar rontok.

8. Mempercepat pengeringan dengan tisu atau koran

Cuaca hujan dan mendung seperti sekarang mungkin akan membuat proses pengeringan sepatu berlangsung lebih lama. Untuk mempercepat pengeringan dan agar tidak berbau, sisipkan tisu dapur atau gumpalan koran ke dalam sepatu. Tisu atau koran membantu menyerap air dan mempercepat pengeringan sepatu.

9. Hindari sinar matahari langsung

Jangan menyimpan sneaker putih Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pancaran sinar matahari yang terlalu kuat akan menyebabkan sepatu putih berubah warna menjadi kecokelatan. Simpanlah sepatu di tempat yang sejuk dan gelap agar warna aslinya terjaga.

(riz)

Komentar