aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

3 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Mudik Membawa Balita

Tuesday, 28 May 2019 23:15:19 WIB | AURA
3 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Mudik Membawa Balita
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Hari raya Idul Fitri di Indonesia atau biasa disebut Lebaran, juga identik dengan fenomena "people power", yakni mudik.

Sebagian pemudik juga membawa anak mereka yang umumnya masih berusia balita.

Nah, bagi Anda yang mudik bersama si kecil, perhatikan 3 hal berikut ini:

1. Persiapkan bekal makanan sehat

Pastikan Anda membawa makanan yang sehat untuk si kecil, setidaknya bawa buah-buahan sebagai camilan yang membuat anak tidak rewel.

Hindari camilan asin, seperti keripik karena akan membuat anak rewel, haus, pemarah. Itu efek dehidrasi. Sebaiknya bawa buah-buahan dengan warna-warni seru yang membuat anak senang. Misalnya pisang, semangka, jeruk, apel, melon atau anggur. Sebagai variasi, Anda juga dapat menyimpan es batu agar buah tetap segar.

Untuk anak berusia dibawah 2 tahun, sebaiknya membawa makanan balita yang siap saji agar tidak terlalu repot di perjalanan, seperti biskuit dengan susu UHT.

Jika bayi masih mendapat ASI, tetap berikan ASI. Usahakan memberi makanan yang sudah dikenal bayi dan dikonsumsi sehari-hari. Tidak disarankan memberi bayi makanan yang dibeli di luar.

2. Tas Khusus Pakaian

Bagi pemudik yang membawa anak agar tidak lupa menyediakan satu tas berisi pakaian seluruh keluarga. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga siapa tahu selama perjalanan, ada anggota keluarga yang sakit, pakaian terkena bekas makanan atau tumpahan minuman dan untuk berganti pakaian saat di penginapan.

Masukkan semua pakaian dalam satu tas agar mudah membawanya. Letakkan pakaian anak-anak di bagian atas tas agar mudah terjangkau. Sedangkan untuk perlengkapan bayi, letakkan di tas lain.

3. Obat-Obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga. Siapkan minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak (obat flu, demam, batuk, anti mabuk).

Komentar