aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Buka Puasa Bersama Jangan Sampai Melewatkan Ibadah, Ini Caranya

Tuesday, 14 May 2019 22:00:53 WIB | TEMPO
Buka Puasa Bersama Jangan Sampai Melewatkan Ibadah, Ini Caranya
Buka puasa bersama (ilustrasi Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki minggu kedua Ramadhan, undangan buka puasa bersama semakin menumpuk. Tentu saja fokus di Ramadhan lebih ke ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Namun, Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi bersama teman-teman dan keluarga. Dilansir dari Productive Muslim, berikut tips yang bisa membantu membagi waktu selama Ramadhan, terutama untuk buka puasa bersama.

Pertama, buat jadwal selama Ramadhan. Buka puasa bersama bukan berarti lupa salat, terutama tarawih. Bahkan, buka puasa bersama bisa menjadi waktu untuk bisa mengajak teman-teman dan keluarga salat bersama.

Kedua, buka puasa bersama juga akan lebih baik bila dilakukan di rumah. Tidak perlu menghabiskan berjam-jam di lalu lintas untuk pergi ke masjid yang jauh. Pilih masjid yang ada di sekitar saja. Setelah tarawih, sebaiknya gunakan waktu untuk keluarga. Untuk yang sudah memiliki anak-anak, pastikan kalau mereka mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama Ramadhan.

Ketiga, pastikan kalau fokus silaturahmi bukan mengenai hal-hal yang materialistis. Bila tidak bisa mengeluarkan uang banyak untuk buka puasa bersama, jangan merasa minder. Buka puasa bersama juga bukan menjadi tempat untuk menggunakan busana terbaru dan termahal atau pamer kehidupan dan kekayaan. Fokus harus tetap pada ibadah dan mendekatkan diri pada Allah. Buka puasa bersama bisa menjadi wadah untuk melakukan hal tersebut bersama teman-teman terdekat atau keluarga.

TEMPO.CO

Komentar