aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Menata Barang Anak dari Marie Kondo 

Thursday, 21 March 2019 02:00:21 WIB | Yuriantin
Kiat Menata Barang Anak dari Marie Kondo 
Ajak anak memilah mainan yang favorit dan paling sering dipakainya.

TABLOIDBINTANG.COM - Konsultan penataan ruang ternama asal Jepang, Marie Kondo, punya beberapa kiat agar rumah tetap rapi. Sesuai dengan metode KonMari, menata rumah dimulai dari membereskan pakaian.

Pemilik KonMari Media, Inc ini menganjurkan melipat kemudian menggulung pakaian dan memasukkannya ke dalam laci. Susun setiap pakaian sesuai kategori. Simpan pakaian dalam kardus sepatu untuk memisahkan antarkategori pakaian. Sisanya, gaun atau pakaian yang panjang seperti mantel atau celana panjang bisa digantung dalam lemari. 

Selanjutnya, menata buku anak. Buku yang paling sering dibaca dan jadi favorit anak harus punya rak atau tempat spesial, agar anak bisa dengan mudah menjangkau buku-buku itu.

Sama halnya dengan menata mainan anak. Siapkan wadah berbagai ukuran untuk setiap kategori mainan.  Ajak anak memilah mainan yang favorit dan paling sering dipakainya.

Simpan mainan yang kecil dan satuan dalam tas kecil atau wadah transparan, supaya anak mudah melihat isi mainan tanpa perlu menuangkan semua isi tas. Susun tas secara vertikal untuk menghemat tempat.

Terakhir menata barang yang bernilai sentimental bagi anak. Di antaranya karya tugas anak. Marie menegaskan, apa pun karya anak yang membuat mereka bangga, wajib disimpan.

"Karya ini harus disatukan dalam binder atau digulung dalam tabung kertas untuk karya berukuran besar.  Atau, pajang karya itu bila anak benar-benar bangga akan hasil karyanya," terang ibu dua anak ini. 

Jika diterapkan dengan benar, metode KonMari akan menghemat waktu Anda dalam beraktivitas.

"Aturan utama metode saya adalah Anda perlu mengetahui barang-barang apa yang ada di rumah dan Anda seharusnya mampu menggunakan barang-barang itu tanpa perlu berhenti (beraktivitas karena mencari barang). Jangan menghabiskan waktu untuk mencari sesuatu," pungkas bintang serial Tidying Up with Marie Kondo di Netflix ini. 

(yuri / gur)
 

Komentar