aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Terbaik Menyimpan Roti agar Lebih Awet: Masukkan ke Dalam Kulkas

Thursday, 7 March 2019 06:00:00 WIB | Agestia Jatilarasati
Cara Terbaik Menyimpan Roti agar Lebih Awet: Masukkan ke Dalam Kulkas
Cara Terbaik Menyimpan Roti agar Lebih Awet: Masukkan ke Dalam Kulkas (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bagaimana cara menyimpan roti dengan benar, Anda harus mengetahui mengapa roti bisa basi dan berjamur.

Menurut Departemen Pertanian dan Pangan Amerika Serikat, roti basi ditandai dengan tekstur roti yang mengering dan aroma yang tidak sedap lagi. Hal ini terjadi karena adanya retrogradasi pati atau pengkristalan molekul pati saat roti didinginkan. Proses kristalisasi ini memaksa air yang terdapat di dalam roti menguap, sehingga roti menjadi kering. 

Lantas, bagaimana cara menyimpan roti yang baik agar lebih awet? Berikut salah satu cara yang bisa dilakukan. 

Jika Anda tidak menemukan wadah kedap udara dan tidak sempat membeli foil aluminium, maka Anda bisa menyimpan roti dalam kulkas. Suhu dingin kulkas menghindarkan pertumbuhan jamur pada roti.

Di sisi lain, suhu dingin mempercepat retrogradasi pati, sehingga roti mudah mengering. Meski begitu, ada cara agar Anda bisa menyantap roti dari kulkas dengan nikmat. Penulis buku Modernist Bread, Nathan Mhyrvold dan Francisco Migoya, menyebut bahwa suhu panas yang diserap roti ketika dipanggang dapat membalikkan retrogradasi pati yang telah terjadi.

(ages / gur)
 

Komentar