aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Hal Yang Harus Anda Siapkan Terkait Dekorasi Pernikahan

Friday, 1 February 2019 04:30:31 WIB | Wayan Diananto
4 Hal Yang Harus Anda Siapkan Terkait Dekorasi Pernikahan
Mempelai perempuan mengenakan baju adat Yogyakarta. (Foto: Wayan Diananto)

TABLOIDBINTANG.COM - Semua orang berharap pernikahan berlangsung sekali seumur hidup. Karenanya, calon pengantin mempersiapkan resepsi pernikahan jauh-jauh hari dari memilih konsep, lokasi, hindangan, gaun pengantin, maupun pengisi acara. Tujuannya, agar resepsi pernikahan berlangsung lancar dan indah untuk dikenang.

Untuk membantu Anda yang sedang menyiapkan pernikahan, Parakrama Organizer kembali menggelar Gebyar Pernikahan Indonesia 10th Edition bertema Asmaradana Pengantin Jawa pada 8 sampai 10 Februari 2019 di Balai Kartini, Jakarta. Pergelaran untuk umum ini mengajak masyarakat mengenal budaya Jawa lebih dekat termasuk Paes Ageng Kanigaran Yogyakarta yang jadi primadona calon pengantin.

"Setiap detail pernikahan mengandung arti mendalam, dari riasan wajah dan rambut, baju adat kedua pengantin, serta dekorasi gebyok khas Yogyakarta," terang Marketing Director Parakrama Organizer, Arief Rachman, kepada tabloidbintang.com dalam konferensi pers di Jakarta, pekan ini.

Narasumber lain yang hadir dalam acara itu, Kanya Wirasati dari Suryo Decor. Kanya menyebut belakangan sering menemui calon pengantin yang mendambakan resepsi pernikahan berbasis budaya yang intim sekaligus sakral. Tak perlu mengundang banyak tamu, hanya keluarga dan sahabat dekat. Meski mengundang tamu berjumlah terbatas, dekorasi harus tetap diperhatikan.

"Dekorasi memegang peran signifikan pada suatu pernikahan, karena mampu menggambarkan latar belakang keluarga, adat budaya yang dijunjung, serta harapan yang ingin dicapai," Kanya mengulas. Ia lantas menyarankan 4 hal yang mesti diperhatikan dalam mendekor ruangan.

1. Tentukan dulu gedung yang cukup untuk menampung seluruh tamu Anda. Ukuran ruang penting karena berdampak pada nyaman tidaknya tamu selama berada di situ.

2. Selain itu, tentukan tempat khusus untuk membuat kenangan indah dengan backdrop menarik. Tempat ini bisa digunakan untuk membangun pelaminan kecil. Seluruh kegiatan bisa difokuskan di sana.

3. Tentukan area meja dan kursi untuk pihak keluarga. Tak bisa dimungkiri bahwa pernikahan kerap dijadikan ajang reuni. Anda perlu membuat sejumlah titik untuk kongko anggota keluarga atau teman-teman lama.

4. Tenda atau ruang khusus untuk makanan. "Khusus tenda saya rekomendasikan jika Anda menggelar pesta pernikahan di luar ruangan untuk menaungi makanan agar tetap bersih," Kanya menukas.

Komentar