aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bekerja dari Rumah atau Kedai Kopi, Begini Caranya Agar Tetap Fokus

Friday, 18 January 2019 20:30:34 WIB | Rizki Adis Abeba
Bekerja dari Rumah atau Kedai Kopi, Begini Caranya Agar Tetap Fokus
Tetap fokus saat bekerja dari rumah atau kedai kopi (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bekerja dari rumah atau dari tempat umum seperti kedai kopi terdengar lebih menyenangkan ketimbang harus berada sembilan jam sehari di kantor. Namun, jika tidak pandai mengatur waktu dan menjaga fokus, maka bekerja di rumah, di kedai kopi, atau di tempat-tempat non-kantor lainnya justru akan terasa semakin berat sehingga pekerjaan tak kunjung selesai. Lantas bagaimana agar bisa tetap fokus saat bekerja di luar kantor?

Clare Evans, pelatih manajemen waktu dan produktivitas kerja dan penulis buku Time Management for Dummies asal Inggris mengatakan, penting bagi Anda yang ingin bekerja di luar kantor untuk memiliki ruang kerja, teknologi yang mendukung, dan menentukan waktu kerja. Caranya bisa dengan menyediakan meja kerja khusus di rumah, atau menemukan kedai kopi langganan, di mana Anda sudah familiar dengan situasinya. Sebab, bekerja di tempat yang sama sekali asing rentan membuat Anda mudah terganggu oleh hal-hal baru.

Jangan kerjakan urusan rumah tangga saat bekerja (ilustrasi: Deposit Photos)
Jangan kerjakan urusan rumah tangga saat bekerja (ilustrasi: Deposit Photos)

Selain itu, Clare Evans sangat tidak menyarankan Anda mengerjakan beberapa hal sekaligus di satu waktu. “Hindari pekerjaan ganda, fokus pada satu hal saja di satu waktu,” saran Clare Evans. Menurut Clare Evans, meski Anda berada di rumah, jangan pernah sekali-sekali mencoba mengerjakan urusan pekerjaan bersamaan dengan pekerjaan rumah, entah sesimpel mencuci piring atau menyapu lantai. “Lakukan itu di waktu istirahat kerja,” tegasnya.

Terakhir, Clare Evans juga mengingatkan agar Anda tetap menentukan waktu isirahat. Beristirahatlah selama lima menit setelah 25 menit bekerja. Menurut Clare Evans, teknik ini akan sangat membantu dalam menjaga fokus selama bekerja. “Di manapun Anda bekerja, mengambil waktu istirahat itu penting. Selesaikan satu pekerjaan sebelum berpindah ke proyek lainnya,” pungkas Clare Evans.

(riz/ray)

Komentar