aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Hindari Bahaya Serangan Tungau di Rumah dengan Cara Ini

Wednesday, 16 January 2019 16:15:00 WIB | Wida Kriswanti
Hindari Bahaya Serangan Tungau di Rumah dengan Cara Ini
Hindari Bahaya Serangan Tungau di Rumah dengan Cara Ini (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Munculnya reaksi alergi seperti bersin - bersin, gatal - gatal, serta kulit kemerahan secara tiba - tiba bukan tanpa sebab. Bisa jadi itu diakibatkan serangan tungau berbahaya yang ada di rumah Anda. Jangan dianggap sepele, karena hewan yang termasuk jenis parasit ini juga bisa membawa berbagai macam penyakit untuk Anda dan anggota keluarga lainnya.

Tungau atau juga dikenal sebagai tungau debu sendiri merupakan makhluk mungil sekitar seperempat milimeter. Mereka hidup dengan cara memakan sel kulit mati manusia. Jika satu orang manusia bisa menghasilkan sekitar 1,5 kg kulit mati per hari, maka ini bisa membiakkan hingga 1 juta tungau debu. Duh, terbayang menyeramkannya!

Dari segi tempat mereka berkembang biak, antara lain rumah dengan suhu hangat (20 - 25 derajat Celsius) dan biasa tumbuh subur di area tempat tidur, bantal, karpet, gorden, pakaian, dan lain - lain yang sama lembut. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Lantas apa yang harus dilakukan agar rumah bebas tungau? Mengingat ukurannya yang nyaris tak kasat mata, tungau sulit dideteksi keberadaannya kecuali telah menimbulkan reaksi alergi seperti telah disebutkan sebelumnya. KlikNClean, sebuah perusahaan hydrocleaning di Jakarta, melalui rilisnya yang diterima redaksi, membagikan beberapa tipsnya agar rumah bebas tungau. 

1. Rajin bersih - bersih rumah 

Karena tungau tinggal di serat - serat kain, maka Anda harus rajin membersihkan barang - barang dengan karakteristik tersebut secara rutin, minimal seminggu sekali. Jika tak sanggup membersihkan seluruh perabot rumah, ganti perabot berbahan halus dengan yang terbuat dari bahan kasar, seperti kayu, logam, atau kulit sintetis. 

2. Hindari penggunaan karpet 

Benda yang paling menjadi favorit tungau untuk tumbuh adalah karpet. Jika bisa, hindarkan penggunaan karpet di rumah, karena penggunaan penyedot debu bahkan tak mampu menyingkirkan tungau debu hidup - hidup, karena tungau yang lama tak dibersihkan sudah menggali jauh ke dalam karpet dan di sana mereka bisa hidup dengan lama. 

Jika memang harus pakai karpet, bersihkan secara berkala seminggu sekali sejak pertama membelinya. Alih - alih penyedot debu biasa, alat pembersih uap pilihan yang lebih tepat. Namun jangan mencuci karpet sekalipun dengan air panas, karena ini akan membuat karpet lembap dan malah akan membuat tungau semakin tumbuh subur. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

3. Jangan malas mencuci seprai 

Hanya karena tidak terlihat kotor, bukan berarti seprai tidak harus dicuci. Tetap lakukan pembersihan menyeluruh minimal seminggu sekali. Deterjen biasa disebut - sebut tak cukup ampuh membersihkan tungau, maka bahan kimia yang disebut acarisides perlu disertakan dalam pembersihan ini, seperti diungkap dalam rilis yang sama. Jangan lupa, bersihkan pula bantal - bantal dan pelapis kasur dengan cara memanaskannya di pengering mesin cuci selama minimal 15 menit. 

4. Selektif memilih mainan anak 

Anak paling sering menjadi korban serangan tungau lewat mainan yang dimainkan. Maka perlu lebih bijak untuk membeli mainan untuk anak, agar tidak terlalu banyak yang terbuat dari bulu - bulu lembut seperti boneka dan semacamnya. Namun untuk mainan selain boneka pun usahakan yang mudah dicuci atau dibersihkan secara rutin, karena tak menutup kemungkinan ada tungau yang terselip. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

5. Rutin lakukan pembersihan debu 

Alat terbaik untuk membersihkan debu adalah menggunakan kain lembap. Caranya, mulai pembersihan selalu dari bagian atas kemudian bergerak ke arah bawah. Dan lakukan dalam satu arah agar kotoran tidak bolak - balik atau bahkan malah menyebar. Begitu selesai, cuci segera lap yang digunakan untuk membersihkan debu tersebut. 

Kemudian, jangan langsung tidur setelah membersihkan debu di kamar. Tunggu paling tidak dua jam sebelum tidur di kamar yang telah dibersihkan. Karena walau dibersihkan menggunakan lap basah, tetap ada debu yang berterbangan di udara. Jika masih malas dan tak yakin membersihkan rumah sendiri, jangan ragu memanggil layanan jasa pembersih rumah untuk mendapatkan kebersihkan yang menyeluruh secara berkala. 

(wida / wida)

Komentar