aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ingin Tampil Gaya dengan Sepatu Bot? Lakukan Ini Agar Tidak Malah Mencederai Kaki

Wednesday, 9 January 2019 14:15:00 WIB | Wida Kriswanti
Ingin Tampil Gaya dengan Sepatu Bot? Lakukan Ini Agar Tidak Malah Mencederai Kaki
Ingin Tampil Gaya dengan Sepatu Bot? Lakukan Ini Agar Tidak Malah Mencederai Kaki (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sepatu bot banyak dipilih orang sebagai salah satu penunjang penampilan. Tidak terkecuali para wanita yang kini semakin tampil percaya diri dengan mengenakan sepatu bot dalam berbagai kesempatan. 

Akan tetapi, memilih sepatu bot yang tepat cukup menantang. Salah sedikit, sepatu bot pilihan Anda justru menjadi item fashion yang menyiksa alih - alih membuat Anda tampil penuh gaya. Nah, berikut ini beberapa tip memilih sepatu bot yang tepat dari brand sepatu bot Timberland, seperti terdapat dalam rilis yang diterima Aura, yang bisa dijadikan acuan. 

1. Jangan sampai salah ukuran

Naik turunnya berat badan bisa memengaruhi ukuran kaki. Jadi jangan terlalu percaya dengan ukuran kaki terakhir sebelum memutuskan membeli sepatu bot. Kalau bisa, Anda harus benar - benar mencoba sepatu bot yang ingin Anda beli dan pastikan melakukannya saat malam hari (karena kaki akan sedikit membesar setelah aktif seharian) dan coba dengan menggunakan kaus kaki yang tebal. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

2. Pastikan bagian dalamnya nyaman 

Bagian dalam sepatu atau insole adalah bagian dari sepatu yang langsung bersentuhan dengan telapak kaki. Insole yang bagus akan menyangga setiap bagian dari kaki, namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki. Maka perlu bagi Anda untuk berjalan bolak balik saat menjajal sepatu bot di toko. Hal ini untuk memastikan kenyamanan sepatu. Selain itu, cobalah berdiri di ujung kaki untuk mengetahui apakah jari - jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu. Lalu coba naikkan tumit seolah mau naik tangga untuk mengetes apakah tumit Anda bergeser - geser di dalam sepatu. Bot yang bagu akan mencengkeram tumit dengan pas.

3. Lakukan tes kelenturan

Selain memeriksa kenyamanan bagian dalam sepatu, Anda juga harus mengetes kelenturan bagian luar sepatu. Pertama, tekuk toebox atau bagian depan sepatu di mana jari - jari berada, ke atas. Bot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu. Lalu periksa apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki. Terakhir, selalu pilih bot yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan. 

4. Pastikan bagian luar tahan air

Tidak sekadar untuk bergaya, sepatu bot idealnya juga tahan untuk digunakan dalam berbagai kesempatan, di dalam dan di luar ruangan. Jika Anda memilih sepatu bot karena Anda termasuk orang yang aktif, maka pastikan Anda memilih sepatu bot yang tahan air. Hal ini penting untuk melindungi kaki dari basah dan lembap. 

5. Bisa pilih bahan kulit atau sintetis

Sepatu bot umumnya terbuat dari kulit. Tapi bisa juga kulit sintetis menjadi pilihan asalkan kualitasnya terjamin. Menentukan jenis bahan kulit menjadi penting untuk disesuaikan dengan ketelatenan Anda merawatnya nanti. Sayang dong, kalau sepatu bot yang bergaya dan biasanya berharga tidak murah cepat rusak hanya karena Anda tidak pandai merawatnya? 

Komentar