aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Langkah Mudah untuk Meminimalkan Penggunaan Plastik (1)

Monday, 7 January 2019 19:15:00 WIB | Ika Nurhayati
Langkah Mudah untuk Meminimalkan Penggunaan Plastik (1)
Penggunaan sedotan plastik di retail modern dan pusat perbelanjaan mulai dilarang.

TABLOIDBINTANG.COM - Mencemari lingkungan, pemerintah beberapa daerah di Indonesia, terakhir Kota Bogor dan Denpasar akhir tahun lalu, merilis peraturan yang melarang penggunaan kantong plastik di retail modern dan pusat perbelanjaan. Peraturan ini segera menyasar pasar tradisional.

Tidak cuma itu, atas kesadaran sendiri, sejumlah kafe dan resto di Jakarta telah menekan penggunaan plastik dengan beralih ke sedotan stainless untuk fasilitas minuman pengunjung. 

Terlepas dari kekurangan peraturan ini, kita bisa sedikit-sedikit membantu meminimalkan sampah plastik dengan beberapa langkah berikut. 

Sediakan kantong belanja sendiri

Tidak harus berupa kantong berbahan kain atau goni, bisa juga kantong plastik yang tersedia di rumah—asalkan diniatkan untuk dipakai berulang. Sediakan selalu di dalam tas yang Anda biasa bawa sehari-hari, untuk memudahkan seandainya mendadak harus belanja. Lebih mudahnya lagi, sediakan juga di dalam kendaraan pribadi, di dalam laci kantor, di mana saja yang mudah dijangkau ketika Anda membutuhkannya.

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Siapkan kotak makan 

Kotak makan tidak hanya bermanfaat sebagai wadah makanan yang dibawa dari rumah, tapi jug sebagai pengganti pembungkus makanan dari kantong kertas, kantong plastik, sampai styrofoam. Jika kebetulan Anda makan di luar rumah dan tidak menghabiskan makanan pesanan, sisanya bisa ditampung oleh kotak makan ini. 

Bawa tumbler untuk menikmati kopi atau teh di kafe

Terutama jika Anda membeli kopi atau teh di gerai-gerai yang saat ini sepenuhnya memakai cup plastik, seperti gerai es kopi susu atau teh bubble. Lagi pula dengan membeli kopi atau teh memakai tumbler dengan merek beberapa kafe tertentu, kafe-kafe itu menawarkan potongan harga minuman yang lumayan. 

bersambung

(ika / gur)
 

Komentar