aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Bagi Si Introver untuk Menghadapi Presentasi (2 - habis)

Sunday, 11 November 2018 03:00:01 WIB | Rizki Adis Abeba
Kiat Bagi Si Introver untuk Menghadapi Presentasi (2 - habis)
Kiat Bagi Si Introver untuk Menghadapi Presentasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi Anda yang introver, bicara di hadapan audiens merupakan skenario paling tak diinginkan. Namun terkadang tuntutan profesi membuat hal itu tidak bisa dihindari, salah satunya ketika harus presentasi. Bagaimana caranya?

Berlatih di Depan Kamera

Karena presentasi adalah tentang kemampuan, maka hal itu harus terus dilatih. Salah satu trik berlatih yang efektif adalah dengan berpresentasi di depan kamera, rekam, lalu tonton kembali rekaman presentasi Anda.

“Ketika Anda menonton ulang rekaman itu, perhatikan apa saja kelebihan dan kekurangan presentasi Anda. Menggunakan video juga membuat Anda semakin mengenal gaya presentasi dan bicara Anda. Hal ini sangat membantu mengurangi energi negatif seperti rasa cemas yang menguras energi para introver saat mempresentasikan sebuah proyek. Rasa familier akan meingkatkan kepercayaan diri sehingga mampu meningkatkan energi positif,” papar Hayward.

Tipnya, jangan takut untuk membuat kesalahan di depan kamera. Membuat kesalahan ketika Anda berlatih di depan kamera justru akan membantu Anda mengenali kesalahan sehingga hal itu tidak muncul lagi saat Anda presentasi sungguhan.

Jangan Pikirkan Orang Lain

Orang introver biasanya terlalu fokus pada ilusi transparan, yaitu pemikiran bahwa orang lain bisa mengetahui emosi apa yang sedang dirasakan seolah-olah tubuhnya transparan. Hal ini membuat mereka terlalu mencemaskan pandangan orang lain terhadap dirinya. Ketika mereka merasa gugup, mereka merasa orang lain pasti mengetahui bahwa ia merasa gugup, padahal belum tentu.

“Sebelum melakukan presentasi, jika Anda merasa gugup, berpikirlah bahwa audiens di hadapan Anda sesungguhnya tidak bisa merasakan apalagi mengetahui betapa gugupnya Anda, bahkan meski rasa gugup itu sangat nyata bagi Anda,” saran Hayward.

selesai

(riz / gur)

Komentar