aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Bagi Si Introver untuk Menghadapi Presentasi (1)

Sunday, 11 November 2018 01:00:01 WIB | Rizki Adis Abeba
Kiat Bagi Si Introver untuk Menghadapi Presentasi (1)
Kiat Bagi Si Introver untuk Menghadapi Presentasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bicara saat presentasi, umumnya membuat gugup. Terlebih bagi yang berkarakter introver, yang pemalu dan tidak suka berada di tengah keramaian.

Untungnya, presentasi kemampuan yang bisa dipelajari siapapun, termasuk Anda yang berkarakter introver. Bagaimana caranya?

Ubah Perspektif Tentang Presentasi

Sebagai seorang introver, Anda memandang presentasi sebagai sebuah siksaan karena Anda tidak suka berada di depan menjadi pusat perhatian. Namun cobalah mengubah persepsi itu.

“Saran saya, dan teknik terbaik yang berhasil pada saya, ubahlah cara Anda memandang apa yang Anda lakukan,” Robert Dixon, pendiri konsultan karier Robert Dixon Consulting di Texas, AS menyarankan. 

Ada empat cara mengubah persepsi Anda mengenai presentasi. “Pertama, akui bahwa Anda merasa tidak nyaman. Kedua, cobalah meyakinkan diri bahwa Anda punya sesuatu yang penting dan bernilai bagi audiens dan mereka perlu mendengar hal itu dari Anda. Ketiga, yakinlah bahwa audiens ingin Anda berhasil dalam presentasi, jadi anggap mereka sebagai teman bukan musuh. Keempat, berhentilah memikirkan soal presentasi. Anggap saja Anda sedang menceritakan sebuah kisah,” urai Dixon.

Pelajari Tekniknya

Presentasi dapat dilakukan dengan baik asalkan menguasai materi dan teknik bicara yang benar. Hanya saja mereka lebih mudah tertekan ketika berada di depan audiens dan menjadi pusat perhatian. Namun rasa canggung itu secara alami akan hilang jika seiring dengan jam terbang yang semakin tinggi.

“Bicara dan presentasi adalah kemampuan yang bisa dipelajari, bukan kemampuan bawaan. Menjadi seorang ekstrover atau introver bukan alasan seseorang menjadi pembicara yang baik atau tidak,” kata Connelly Hayward, pelatih public speaking dari Los Angeles, AS.

“Siapapun bisa menjadi pembicara yang efektif asalkan mereka berkemauan mempelajari tekniknya,” lanjut Hayward.

Selain memahami materi presentasi secara menyeluruh dan detail, pelajari intonasi bicara yang tegas, jelas, dan meyakinkan. Dan yang tak kalah penting, pelajari gestur saat bicara. Jangan sampai Anda terlihat tidak meyakinkan saat membawakan materi presentasi.

bersambung

(riz / gur)

Komentar