aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Belanja Bahan Makanan Anda Tidak Cepat Rusak di Dalam Mobil (3 - habis)

Saturday, 8 September 2018 06:00:59 WIB | Rizki Adis Abeba
Agar Belanja Bahan Makanan Anda Tidak Cepat Rusak di Dalam Mobil (3 - habis)
Agar Belanja Bahan Makanan Anda Tidak Cepat Rusak di Dalam Mobil (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kadang ibu-ibu terlalu lama menaruh bahan makanan yang mereka beli di dalam mobil, entah karena setelah belanja masih ada urusan lain atau macet dalam perjalanan pulang.

Perlu diingat, daging dan ikan segar merupakan bahan makanan yang paling rentan rusak jika terkena panas. 

“Temperatur yang meningkat membuat bakteri berkembang biak lebih cepat terutama bakteri yang menyebabkan racun pada makanan,” ungkap James E. Rogers, Ph.D., Direktur Pemeriksaan Keamanan Makanan di Consumer Reports, organisasi nirlaba yang menguji bahan makanan serta melakukan riset terkait kesehatan konsumen di AS. 

Itu sebabnya, memperhatikan cara membungkus dan meletakkan belanjaan terutama bahan makanan segar sangat penting. Tujuannya, agar daging tidak cepat busuk dan sayuran tidak mudah layu. 

Jangan letakkan di bagasi

Bagasi merupakan area paling panas di mobil. Ironisnya, kebanyakan orang meletakkan belanjaan di bagasi. Padahal, peletakan bahan makanan di dalam mobil menentukan seberapa lama mereka akan bertahan di sana. Sebaiknya letakkan belanjaan nonmakanan seperti sabun atau peralatan dapur di bagasi. Sementara bahan makanan segar seperti sayur, buah, dan daging diletakkan di kabin atau di bagian paling sejuk. Jika memungkinkan, jangan letakkan di lantai karena bagian itu juga panas.

“Saya selalu meletakkan tas belanjaan di jok mobil karena bahan makanan akan lebih tahan lama jika terkena sirkulasi udara. Jangan membungkusnya terlalu ketat atau Anda akan kehilangan manfaat dari sirkulasi udara,” Driessen berbagi kiat.

selesai

(riz / gur)

Komentar