aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Langkah - Langkah Membersihkan Rumah Setelah Ditinggal Mudik Lebaran

Tuesday, 12 June 2018 09:00:00 WIB | HOME.CO.ID
Langkah - Langkah Membersihkan Rumah Setelah Ditinggal Mudik Lebaran
Langkah - Langkah Membersihkan Rumah Setelah Ditinggal Mudik Lebaran (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Rumah yang ditinggalkan dalam waktu cukup lama, seperti saat mudik Lebaran, tetap bisa menjadi kotor. Rasa tidak menyenangkan ini akan segera Anda rasakan begitu tiba kembali dari rumah sepulang mudik.

Akan tetapi, kotornya rumah sepeninggal mudik sedikit berbeda dengan kotor pada biasanya. Karena kotornya tidak terlalu terlihat, mengingat sebelum ditinggalkan mudik, rumah biasanya sudah dibersihkan secara menyeluruh. Oleh karena itu diperlukan langkah - langkah membersihkannya yang tepat seperti berikut ini. 

Buka semua jendela

Selama ditinggal, sirkulasi udara jadi terbatas karena ventilasi besar seperti pintu dan jendela tertutup. Itu memang harus dilakukan demi alasan keamanan. Maka itu, saat kembali ke rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka semua pintu dan jendela. Ini agar ruangan tidak terasa pengap, serta bisa mendapat udara segar dan sinar matahari yang baru.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Lanjut ke area kamar

Ruangan pertama yang ingin disambangi saat pulang ke rumah pastilah kamar tidur. Makanya, ruangan ini harus jadi yang pertama dibersihkan setelah Anda membuka semua ventilasi. Ganti seprai tempat tidur dengan yang baru agar Anda tidak menghirup debu yang hinggap di kasur. Bila perlu, tambahkan wewangian agar kamar yang tidak Anda tempati berhari-hari ini semakin nyaman ditempati.

Beralih ke dapur

Setelah membersihkan kamar, segera periksa dapur Anda. Lihat apakah Anda meninggalkan piring kotor yang lupa bersihkan atau tidak. Jika ada, segera dibersihkan karena itu bisa jadi sumber bau tak sedap di rumah. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan makan atau memasak yang sudah bersih sebelum memakainya. Sebab biasanya, debu-debu menempel di peralatan dapur.

Cuci baju kotor

Sebelum pergi, bisa jadi Anda tidak sempat mencuci  baju. Sehingga, baju-baju kotor Anda telah menumpuk cukup lama di rumah. Baju kotor yang menumpuk dalam waktu lama bisa menimbulkan bau tak sedap di rumah. Segera cuci baju-baju kotor tersebut, ditambah baju kotor yang Anda bawa selama meninggalkan rumah. Jika tidak ada tenaga untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jasa laundry.

Bersihkan teras

Bagian teras adalah bagian rumah yang paling mudah dan cepat kotor ketika ditinggal. Terlebih, jika rumah Anda terletak di pinggir jalan besar, di mana banyak kendaraan yang lalu lalang di depannya. Pastinya banyak debu yang bertebaran di teras. Jika Anda memang punya banyak waktu membersihkan rumah, jangan lupakan bagian ini.

HOME.CO.ID

Komentar