aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Stok Makanan untuk Ramadhan, Lakukan Ini Agar Penyimpanannya di Kulkas Awet

Friday, 18 May 2018 20:10:00 WIB | Agestia Jatilarasati
Stok Makanan untuk Ramadhan, Lakukan Ini Agar Penyimpanannya di Kulkas Awet
Stok Makanan untuk Ramadhan, Lakukan Ini Agar Penyimpanannya di Kulkas Awet (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika Ramadhan, orang akan cenderung menyimpan bahan makanan lebih banyak sebagai stok makanan untuk berbuka dan sahur. Namun dilemanya, menimbun makanan terlalu lama meski di dalam lemari pendingin akan membuat bahan makanan mentah seperti sayuran, buah-buahan mudah layu dan daging dan ikan mudah busuk.

Lantas bagaimana menyiasatinya? Jangan khawatir, tips penyimpanan kulkas yang teroganisir dapat menjadi jalan keluar, seperti dilansir Fox News.

1. Simpan di Dalam Wadah Kedap Udara

Semakin baik kualitas suatu bahan makanan, maka daya tahannya akan semakin lama. Maka pastikan untuk membeli bahan makanan dalam kondisi terbaik. Seperti bahan makanan basah misalnya sayuran, buah-buahan dan daging serta ikan maka belilah dalam kondisi segar. Kemudian simpan buah dan sayur di dalam wadah kedap udara agar lebih tahan lama.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

2. Jangan Dicuci

Bakteri senang tinggal di daerah yang lembab. Oleh karenanya jangan cuci bahan makanan seperti buah dan sayur jika memang ingin di simpan. Sayuran dan buah yang disimpan dalam keadaan lembab akan mudah busuk.

3. Lap dengan Kertas Tisu

Biasanya ketika membeli sayuran dan buah-buahan dalam keadaan segar, permukaannya akan terasa sedikit lembab. Maka sebelum disimpan, ada baiknya untuk mengelap permukaan buah dan sayur terlebih dahulu untuk menghilangkan kelembabannya.

4. First In First Out (FIFO)

First in first out adalah sistem rotasi dalam penyimpanan. Bahan makanan yang disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas berada di rak bagian depan sementara bahan makanan yang baru masuk diletakkan di bagian belakang rak. Hal ini berguna untuk mengontrol daya tahan bahan makanan juga memudahkan dalam mengambil bahan makanan.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

5. Pisahkan Makanan Berbau

Pada makanan yang memiliki bau menyengat, maka dianjurkan untuk memisahkannya dengan bahan makanan yang lain. Simpan di dalam wadah yang kedap udara sehingga bau makanan tersebut tidak keluar dan makanan lebih awet juga.

6. Pisahkan Makanan yang Mudah Busuk

Bahan makanan yang mudah busuk biasanya adalah buah dan sayur karena keduanya menghasilkan gas etilen yang mempercepat proses pembusukan. Selain itu, proses pembusukan pada sayur dan buah bisa menular,  Oleh karenanya penting untuk menempatkan buah dan sayur seperti apel, tomat, kentang, pisang dan sebagainya secara terpisah di dalam wadah kedap udara.

(ges / wida)

Komentar