aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kampanye 'Think Before You Share', Berpikir Sebelum Mengunggah Sesuatu di Media Sosial

Tuesday, 2 August 2016 13:10:35 WIB | Andira Putri
Kampanye 'Think Before You Share', Berpikir Sebelum Mengunggah Sesuatu di Media Sosial
Foto: Dira/tabloidbintang.com

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia salah satu negara yang menjadi pengguna media sosial Facebook terbanyak. Menurut data dari Facebook, sekitar 84 juta orang Indonesia mengakses Facebook setiap bulan dan 45 juta orang Indonesia mengakses Facebook setiap hari.

Lewat Facebook, Anda bisa berbagi cerita keseharian kepada keluarga atau teman. Begitu juga sebaliknya. Anda juga bisa mengomentari dan memberikan like kepada kegiatan keluarga atau teman Anda.

Tapi di sisi lain, ada orang-orang yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk memberikan komentar negatif. Tidak jarang ini memicu adanya cyber bullying di media sosial.

Untuk mencegah hal tersebut, media sosial Facebook meluncurkan kampanye 'Think Before You Share'. Facebook bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan komunitas anti bullying Sudah Dong untuk kampanye 'Think Before You Share' ini.

Kampanye Think Before You Share resmi dibuka pada hari Minggu (31/7) di Bundaran HI, Jakarta Pusat dengan prosesi pelepasan balon. Pembukaan acara ini dihadiri oleh Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook, presenter M. Farhan yang merupakan Sekretaris Jenderal YCAB, dan Fabelyn Baby Walen, Public Relations komunitas Sudah Dong.

Kampanye Think Before You Share mengajak orang-orang untuk memikirkan berbagai hal sebelum mereka langsung membuat sebuah post di media sosial.

"Pikirkan dua hal penting. Pertama, pandangan dari diri sendiri. Apakah ini benar-benar yang ingin saya lakukan? Apakah saya akan tetap senang melihat post saya sepuluh tahun ke depan? Kedua, ketika Anda mengunggah foto atau menulis komentar tentang orang lain. Apakah yang orang tersebut pikirkan ketika mereka membaca atau melihat hal itu?," ujar Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook kepada tabloidbintang.com.

Facebook, YCAB, dan Sudah Dong memberikan suatu panduan khusus mengenai apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat post di media sosial. Selain itu, mereka juga membuat sebuah gerakan mengunggah lima foto dalam lima hari tentang hal-ha positif.

"Kami percaya bahwa hal tersebut merupakan hal yang penting bagi anak-anak dan remaja untuk memahami dan menyadari konsekuensi dari apa yang mereka lakukan saat online dan untuk menerapkan sikap yang tepat saat membagikan konten secara online," kata presenter M. Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB.

Kampanye Think Before You Share juga dilakukan di negara-negara lain, di antaranya Jepang dan Taiwan, dengan isi yang disesuaikan dengan budaya setiap negara.

Di Indonesia, Jakarta menjadi kota pertama kampanye Think Before You Share. Kampanye ini akan melakukan roadshow di lima kota lain, yaitu Malang, Denpasar, Balikpapan, Palembang, dan Bandung.

(dira/yb)

Komentar