aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengenal Teknologi Platform Zero Touch Operation, Apa Itu?

Friday, 22 January 2021 00:44:28 WIB | Adi Adrian
Mengenal Teknologi Platform Zero Touch Operation, Apa Itu?
Penerapan platform Zero Touch Operation bagian dari transformasi digital yang dilakukan sejak 2019.

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun berganti, teknologi pun terus berkembang tanpa henti. Mengawali 2021, XL Axiata mengimplementasikan platform Zero Touch Operation termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan (Automation NOC- Network Operation Center). Platform ini memungkinkan XL Axiata mempercepat proses deteksi terhadap ganguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan. Dengan mengetahui gangguan lebih awal, dampak gangguan bisa diminimalkan.

Penerapan platform Zero Touch Operation bagian dari transformasi digital yang dilakukan sejak 2019. “Dengan menerapkan platform ini, banyak aktivitas operasional termasuk pengelolaan jaringan bisa diproses otomatis lewat pemanfaatan IT yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan,” terang Direktur dan Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya lewat siaran persnya pekan ini.

Zero Touch Operation diterapkan untuk menjalankan pekerjaan yang berulang, memiliki tingkat kognitif rendah serta butuh banyak sumber daya manusia untuk melakukannya. Dengan platform ini, semua pekerjaan yang memiliki Standard Operational Procedure (SOP) baku akan dikerjakan mesin atau tidak perlu lagi digarap secara manual. Implementasi platform Zero Touch Operation oleh XL Axiata memberi manfaat antara lain ketersediaan jaringan meningkat sekitar 4,2 persen dan volume download naik hingga 45 persen.

Selain itu, waktu respons terhadap persoalan jaringan 90 persen lebih cepat dan waktu untuk restorasi 35 persen lebih cepat, serta peningkatan kualitas 4G hingga 18 persen. “Semua indikator ini menunjukkan peningkatan kinerja penanganan gangguan dan peningkatan kualitas jaringan, yang akhirnya bisa dirasakan langsung oleh pelanggan berupa kenyamanan menggunakan jaringan XL Axiata,” pungkas Yessie.

Komentar