aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengenal Teknologi Voice over LTE, Apa Itu?

Wednesday, 19 August 2020 00:22:07 WIB | Adi Adrian
Mengenal Teknologi Voice over LTE, Apa Itu?
VoLTE memungkinkan layanan suara jadi lebih baik karena kualitas suaranya sangat jernih. Kecepatan sambungnya sangat singkat.

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah wabah Corona Covid-19 yang belum juga reda di Tanah Air, teknologi komunikasi terus dikembangkan untuk memudahkan masyarakat menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satunya, Voice over LTE (VoLTE), yakni layanan percakapan suara atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). VoLTE memungkinkan layanan suara jadi lebih baik karena kualitas suaranya sangat jernih. Kecepatan sambungnya sangat singkat. Tentu saja ini kabar baik di tengah pandemi.

Teknologi komunikasi ini diperkenalkan XL Axiata dalam peluncuran virtual pekan ini. Pada tahap awal, jaringan XL Axiata menyatakan siap mendukung layanan VoLTE di Jakarta dan Medan. Layanan ini akan diperluas ke wilayah lain seiring penyiapan jaringan infrastruktur pendukung. Untuk kesiapan jaringan pendukung VoLTE, XL Axiata menggandeng Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi jaringan radio serta core. Secara bertahap, hingga akhir 2020, layanan VoLTE XL Axiata akan ada di 13 kota kemudian terus diperluas.

“Kami memastikan jaringan yang dimiliki memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transportasi, dan core. Optimalisasi jaringan VoLTE telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan,” terang Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa. Untuk membuktikan kesiapan buat mengakomodasi berbagai layanan data digital, XL Axiata menggelar pencatatan rekor Siaran Langsung Perayaan Kemerdekaan Melalui Kanal Youtube Terlama, yakni selama 17 jam.

Angka 17 merujuk tanggal 17 Agustus sebagai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Rekor ini tercatat dalam daftar Museum Rekor Indonesia. Selama 17 jam, ada live streaming dari teman-teman di area terpencil meliput upacara perayaan 17 Agustus, gelar wicara, melawak tunggal, konten musik, kuliner, dan penyerahan sertifikat rekor MURI buat XL Axiata. “XL Axiata juga mencatatkan rekor baru Kompetisi Foto Nuansa Kemerdekaan Terbanyak Melalui Instagram, sebanyak 4.880 twibbon,” pungkasnya.

Komentar