aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Haruskah Adik Menunda Pernikahan karena Tak Mengantongi Restu dari Sang Kakak?

Friday, 30 March 2018 21:00:53 WIB | Yuriantin
Haruskah Adik Menunda Pernikahan karena Tak Mengantongi Restu dari Sang Kakak?
Haruskah Adik Menunda Pernikahan karena Tak Mengantongi Restu dari Sang Kakak? (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bagaimana cara meluluhkan hati si kakak? Psikolog klinis dewasa Pustika Rucita mengungkapkan masalah ini akan lebih mudah teratasi jika kakak dan adik memiliki hubungan yang dekat dan komunikasi yang baik.

Adik bisa meluangkan waktu bersama si kakak untuk saling bercerita dan mendengarkan satu sama lain.

“Berikan perhatian yang tulus dan tidak dibuat-buat. Hindari juga emosi berlebihan dalam menanggapi kekhawatiran kakak,” Rucita berbagi saran.

Di sisi lain, adik perlu berempati dengan kekhawatiran yang mungkin muncul dalam diri kakak.

“Ajak si kakak mengenali informasi lain yang mungkin bisa menambah wawasan dan memengaruhi keputusannya,” imbuh Pustika.

Ajak calon adik ipar untuk mengenal lebih dekat calon kakak ipar. “Bisa dengan mengajak calon kakak ipar berbicara dan melibatkannya dalam aktivitas bersama. Misal saat sedang berkunjung ke rumah,” Pustika menjelaskan.

Komunikasi sedari awal amatlah penting. Sampaikan niat untuk menikah pada kakak tanpa lewat perantara.

“Utarakan secara konkret apa yang mendasari keputusan menikah, langkah yang disiapkan, harapan pernikahan, dan bentuk dukungan dari kakak yang diharapkan," Pustika menjabarkan.

Komunikasi yang lancar ini bakal mempermudah adik seandainya si kakak meminta tanda mata. “Boleh-boleh saja ada tanda mata kalau tidak memberatkan satu sama lain. Sebaiknya saling komunikasikan keinginan dan keterbatasan yang ada," ucap Pustika.

(yuri / gur)

Komentar