aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Anak Kecanduan media Sosial, Jangan Salahkan Teknologi!

Monday, 6 November 2017 01:00:52 WIB | Rizki Adis Abeba
Anak Kecanduan media Sosial, Jangan Salahkan Teknologi!
Anak Kecanduan media Sosial, Jangan Salahkan Teknologi! (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ciri anak kecanduan medsos antara lain kehilangan minat terhadap aktivitas lain, gelisah ketika tidak memegang gawai, terus membicarakan hal yang berhubungan dengan gawai bahkan ketika tidak memegang gawai, dan emosi berlebih ketika dijauhkan dari gawai atau diajak bicara soal penggunaan gawai.

Persoalannya, orang tua terkadang lupa atau tidak memahami tugas mereka untuk menerapkan batas dan mengajak anak berdiskusi tentang keamanan menggunakan internet serta medsos.

“Yang memengaruhi pembentukan karakter anak, ya semua yang ada di sekitar kehidupan anak. Termasuk pola asuh, penerapan disiplin di rumah, pendidikan di sekolah, sosialisasi, serta semua yang didengar atau dilihat anak termasuk tontonan, permainan, dan medsos,” papar sikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi.

Orang tua tidak bisa menyalahkan kemajuan teknologi sebagai penyebab utama penyimpangan perilaku anak. Justru tugas mereka untuk membimbing dan mengawasi perilaku anak di medsos.

“Jika komunikasi antara anak dan orang tua terjalin hangat dan terbuka, kebablasan anak di medsos sebenarnya bisa diminimalkan,” pungkas Vera. 

(riz / gur)

Komentar