aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kesal dengan Pelaku Pelecehan di Jalanan, Wanita Ini Malah Ajak Selfie Bareng

Tuesday, 10 October 2017 15:50:00 WIB | Carisya Nuramadea
Kesal dengan Pelaku Pelecehan di Jalanan, Wanita Ini Malah Ajak Selfie Bareng
Kesal dengan Pelecehan di Jalanan, Wanita Ini Lakukan Selfie dengan Pelakunya (Ist)

TABLOIDBINTANG.COM - Seorang wanita telah menemukan cara cerdik untuk berurusan dengan catcaller atau orang yang kerap melakukan pelecehan seksis di jalanan dengan mengeposkannya di Instagram.

Noa Jansma dari Amsterdam berupaya mengirimkan pesan yang kuat dengan dokumenternya di akun Dear Catcallers - yang meneriakkan penolakan pelecehan seksis pada wanita.

Pelecehan di jalan adalah kejadian yang kerap terjadi pada banyak wanita - dan sedikit yang tahu cara terbaik untuk bereaksi saat tindakan dan kata-kata diucapkan membuat mereka merasa sangat tidak nyaman.

Catcaller (Instagram)
Catcaller (Instagram)

Kebanyakan orang mengabaikannya, tetapi Noa justru melakukan selfie dengan setiap orang yang menggodanya dijalan. Tidak hanya foto diam-diam, sebenarnya dia meminta mereka berpose untuk foto bersamanya.

Sebagian besar dengan senang hati melakukannya tanpa menyadari apa yang akan dia lakukan dengan gambar itu. Noa lalu membuat akun Instagram, Dear Catcaller, di mana dia telah mendokumentasikan setiap kejadian selama sebulan penuh.

Catcaller (Instagram)
Catcaller (Instagram)

Dalam waktu empat minggu dan 30 posting di akunnya, Noa telah menarik lebih dari 45.000 followers.

Di masing-masing foto ada pesan kuat bahwa menjadi “catcaller” sama sekali bukan hal yang baik.

Menurut Noa, akun Instagram ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang objektivitas wanita dalam kehidupan sehari-hari. Karena banyak orang masih belum sadar seberapa sering dan dalam konteks apa 'catcalling' terjadi. 

Dalam waktu satu bulan hanya satu orang yang telah bertanya kepadanya mengapa dia ingin mengajak dirinya untuk selfie. Akun Instagram ini tidak menampilkan semua insiden di mana Noa telah dilecehkan pada bulan lalu - kadang-kadang dia juga tidak merasa cukup aman untuk meminta selfie atau terkadang pria tersebut sudah kabur.

Pelecehan di jalan memang masih sering terjadi dan banyak wanita mengalaminya. Pemerintah Belanda mengambil tindakan preventif untuk menangani hal ini. Oleh sebab itu, sejak 1 Januari, pelecehan di jalanan akan dihukum dengan denda 190 € ( atau setara dengan sekitar 3,5 juta Rupiah) di Amsterdam.

(dea / wida)

Komentar