aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Alasan Mengapa Wanita Lebih Suka Curhat di Media Sosial

Tuesday, 19 September 2017 19:50:00 WIB | Wida Kriswanti
Alasan Mengapa Wanita Lebih Suka Curhat di Media Sosial
Wanita cenderung lebih suka curhat di media sosial (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Jika dibandingkan pria, wanita cenderung lebih suka curhat di media sosial. Sekalipun mengetahui risikonya, yakni rahasia yang terumbar, tetap saja banyak wanita melakukannya.

Menurut psikolog klinis dewasa Anna Margaretha Dauhan dari Tiga Generasi, kebanyakan wanita merasa lebih lega jika dapat mencurahkan beban perasaan secara verbal dan mendapatkan respons emosi yang positif atau sesuai dengan yang dirasakan. Ini strategi mengatasi stres yang sangat khas wanita dan memang berbeda dari pria. 

"Kadang - kadang, jika tidak ada orang yang dapat menanggapi secara tepat emosinya secara langsung, jadinya (wanita) mencari saluran di tempat lain, antara lain media sosial," buka Anna Margaretha Dauhan kepada Aura. "Karena media sosial ini, audience-nya lebih besar, jadi lebih banyak juga yang memperhatikan dan memberi respons," sambungnya. 

Sedangkan pria, kebanyakan fokusnya bukan pada perasaan lega setelah curhat, tapi pada solusi atas masalahnya. Maka tidak akan pria melakukan curhat di media sosial jika tidak yakin akan mendapatkan solusi. 

"Jadi kalau curhat tidak membawa solusi, mereka biasanya jadi tidak terlalu terdorong untuk melakukannya (curhat) apalagi di media sosial," pungkas Anna Margaretha Dauhan. 

(wida / wida)

Komentar