aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tiga Cara Mudah Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih

Thursday, 20 July 2017 20:00:00 WIB | Carisya Nuramadea
Tiga Cara Mudah Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih
Perasaan cemas berlebihan harus ditangani dengan benar (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Perasaan cemas bisa datang kapan saja dan disebabkan oleh apa saja. Pindah rumah, pindah pekerjaan atau kehilangan pekerjaan bisa membuat Anda merasa terus menerus cemas.

Kecemasan yang berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera mengenyahkan perasaan ini. Terlebih lagi jika Anda sudah mengetahui akar masalah yang membuat cemas dan sudah berusaha kuat memperbaiki keadaan. Ya memang, kadang mengubah rasa cemas menjadi perasaan pasrah dan ikhlas sangat sulit dilakukan.

Berikut ini adalah pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perasaan cemas Anda.

1. Menghabiskan waktu dengan anak

Mulailah meluangkan banyak waktu untuk anak Anda jika selama ini Anda sibuk bekerja. Jika Anda belum memiliki anak, pergilah ke rumah baca setempat atau cobalah menjadi tenaga sukarelawan untuk membantu anak-anak belajar.

Anda akan merasakan kegembiraan seiring perkembangan yang anak asuh atau anak Anda dapatkan. Selain itu, anak-anak adalah guru yang baik bagi Anda karena mereka bisa mengajarkan Anda untuk hidup untuk saat ini dan menikmati keberadaan. Suara tawa mereka juga berpengaruh baik bagi Anda.

2. Terima tantangan baru

Coba kegiatan baru atau hal baru. Bila Anda bukan orang yang suka bergaul misalnya, cobalah untuk ikut kursus atau kelas tertentu yang menarik minat Anda dan memungkinkan Anda untuk belajar berkelompok dan bertemu dengan orang baru lalu bertukar pikiran. Atau jika Anda dari dulu ingin belajar tari tradisional tapi khawatir Anda sudah terlalu tua untuk itu, tidak masalah, lalukan saja dan ambil kelas singkatnya untuk mengisi waktu Anda di akhir pekan. Jika perasaan cemas mulai menjalar lagi, Anda bisa memikirkan tentang materi belajar dan progress apa yang telah atau ingin Anda raih.

3. Menjadi tenaga sukarela

Menjadi tenaga sukarela menyenangkan. Entah itu ikut membantu yayasan kanker menangani penyintas kanker atau membantu dalam persiapan acara bazaar amal di lingkungan Anda atau menjadi relawan penghijauan di sekitar rumah Anda. Apapun itu lakukanlah dengan sukarela. Perasaan puas setelah memberi bisa memberi efek menenangkan dan membuat diri Anda merasa lebih bahagia seperti yang pernah dikatakan Joyce Meyer, “Satu-satunya cara untuk mendapatkan kebahagiaan adalah berisitirahat dan membantu orang lain.”  

(dea / wida)

Komentar